Ibu rumah tangga kelelahan, ini saran psikolog

id siasat mengatasi kelelahan,masalah ibu rumah tangga,konsultasi psikologi,Antara Lampung,Lampung Update

Ibu rumah tangga kelelahan, ini saran psikolog

Psikolog Mahesti Pertiwi M.Psi. (ANTARA/HO- RS SAri Asih)

Tangerang (ANTARA) - Psikolog yang berpraktik di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat Tangerang Selatan Mahesti Pertiwi M.Psi. menyarankan ibu rumah tangga yang merasa kelelahan dan kewalahan sehingga tiba-tiba menangis tanpa sebab dan tidak fokus bekerja untuk mengambil jeda.

"Pelan-pelan berjeda, terima saja dahulu perasaan tidak menentu tersebut, atau hal-hal yang tidak nyaman tersebut, karena jika didiamkan atau dihindari justru akan menambah ketidaknyamanan dalam diri," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers yang diterima di Tangerang, Kamis.

Hal lain yang bisa dilakukan, ia melanjutkan, adalah menenangkan diri dengan menarik napas panjang beberapa kali kemudian merenungkan penyebab emosi dan sensasi fisik yang muncul, memilah asumsi dan fakta, serta mengidentifikasi hal yang bisa dikendalikan.

"Setelah itu fokus pada apa yang bisa dikendalikan, semisal mengubah sudut pandang, atau bisa juga dengan berbagi dengan orang terdekat yang dipercaya," katanya.

Apabila langkah-langkah tersebut dirasa belum bisa mengatasi masalah, dia menyarankan untuk mencari bantuan ke psikolog atau psikiater.

Mahesti menjelaskan bahwa seorang individu bisa dikatakan sehat secara mental antara lain jika bisa memahami dan mengenali diri, memahami yang dipikirkan dan dirasakan, memahami kelebihan dan keterbatasan diri.