Disnaker Lampung sebut pengalihan UPTD BLK menjadi UPTP segera direalisasikan

id Balai latihan kerja, Disnaker Lampung, calon tenaga kerja Lampung, tenaga kerja lampung

Disnaker Lampung sebut pengalihan UPTD BLK menjadi UPTP segera direalisasikan

Ilustrasi- Tenaga kerja di Lampung yang memiliki keahlian membatik. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung mengatakan pengalihan Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Bandarlampung dari daerah kepada pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja menjadi Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) segera terealisasi.

"Dalam waktu dekat proses pengalihan UPTD BLK Bandarlampung sebagai UPTP akan segera terealisasi," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, Agus Nompitu, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan, pengalihan kewenangan pengelolaan dari daerah kepada pusat, dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pelatihan dan sarana prasarana di balai pelatihan kerja tersebut.

"Bila segalanya telah siap dan terealisasi, tahun depan akan ada BLK yang memiliki sarana prasarana yang memadai dan sistem manajemen yang lebih modern sesuai kebutuhan di dunia usaha yang semakin berkembang pesat saat ini," katanya.

Dia melanjutkan, progres pengalihan tersebut saat ini sedang menunggu penyerahan secara langsung.

"Saat ini masih menunggu penyerahan dan harapannya tidak memakan waktu yang lama, agar pelatihan bagi calon pekerja dengan metode dan teknologi lebih modern sesuai perkembangan dunia usaha dapat segera dilakukan," ucapnya.

Ia menjelaskan, setelah proses penyerahan usai UPTP tersebut tidak hanya berfungsi sebagai balai latihan kerja, namun juga sebagai tempat lokakarya.

"Setelah diserahkan menjadi UPTP bukan hanya menjadi balai latihan kerja, tapi disana akan ada workshop (lokakarya) sesuai dengan potensi daerah seperti pertanian, peternakan ataupun perikanan," kata dia.

Selanjutnya, selama ini dalam pelaksanaan pelatihan kerja telah dilakukan bermacam pelatihan kejuruan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi calon tenaga kerja sebelum terjun dalam dunia usaha.  

"Pelatihan keahlian yang diberikan di balai latihan kerja bermacam-macam ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas calon tenaga kerja. Di BLK disini ada 18 kejuruan, sedangkan di Bandarlampung ada 14 kejuruan, di Metro ada 11 kejuruan, lalu ada juga di Kalianda dan Way Abung Lampung Utara," ucapnya lagi.