Muhibbin serbu bazaar UMKM yang disediakan pada Muktamar.

id Lampung,Muktamar,Bandarlampung,Muktamar NU

Muhibbin serbu bazaar UMKM yang disediakan pada Muktamar.

Salah seorang muhibbin (pecinta) yang datangbke lampung pada Muktamar ke-34 NU di Lmapung sedang memilih pernak-pernik di salaj satu lokasi bazar yang disediakan oleh panitia. Kamis, (23/12/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Peci paling laris, dibandingkan dengan barang-barang lainnya yang kami jajakan. Pengunjung datang lagi, datang lagi dari kemarin, ujarnya

Bandarlampung (ANTARA) - Muhibbin yang datang dari berbagai daerah ke Lampung guna memeriahkan serta mensukseskan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama di Lampung menyerbu lokasi bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang disediakan oleh panitia.

Berdasarkan pantauan di salah satu lokasi bazaar  di Lapangan Korem 043 Garuda Hitam, di Enggal, Kamis, ratusan mubibbin mulai berdatangan dengan bus-bus pariwisata ke lokasi dan mencari barang-barang untuk dibawa pulang ke daerah masing-masing.

Salah seorang mubibbin dari Tegal, Habib Isa, mengungkapkan bahwa adanya bazaar yang disediakan oleh panitia di beberapa lokasi sangat bagus karena para tamu dapat mencari atau membeli tanpa berdesak-desakan.

"Bazar ini bagus ya, karena kan orang-orang yang datang bisa mencari oleh-oleh di sini," kata dia.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya membeli peci khas Lampung yang terdapat motif- motif Lampung.

"Kebetulan saya beli peci khas Lampung ya, untuk kenang-kenangan pada Muktamar di sini," kata dia.

Sementara itu, salah satu pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) binaan Dekranasda Lampung, Desi mengungkapkan dari sejumlah pernak-pernik yang dijajakan pada bazar ini peci adalah barang yang paling laku.

"Peci paling laris, dibandingkan dengan barang-barang lainnya yang kami jajakan. Pengunjung datang lagi, datang lagi dari kemarin," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa omzet yang didapatkan pada bazar ini lebih kurang Rp5 juta.

"Di hari pertama kami dapat omzet kurang lebih Rp5 juta, pagi ini saja sudah masuk sekitar Rp1,5 juta. Penjualan ini paling besar semenjak pandemi COVID-19," ujarnya.

Pada kegiatan Muktamar ke-34 NU panitia menyiapkan  tiga lokasi bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yakni di Lapangan Korem Gatam, di Enggal, UIN Radin Intan Lampung dan di PKOR Wayhalim

Tiga lokasi bazar disediakan, selain untuk mempromosikan produk-produk khas Lampung, juga untuk memecah konsentrasi massa pada muktamar yang berlangsung dari 22 hingga 24 Desember 2021.