Ini pengalaman dua perempuan pengusaha berjualan online

id sirclo,perempuan pengusaha

Ini pengalaman dua perempuan pengusaha berjualan online

Dua perempuan pengusaha, yakni Josephine Siswanto, owner and managing director of Less For More, serta Astri Zakiyyah, pemilik BWBYAZ, berbagi pengalaman mengenai bisnis mereka dalam acara Women Empowerment Weeks Conference Sirclo. (ANTARA/Sirclo)

Jakarta (ANTARA) - Dua perempuan pengusaha, yakni Josephine Siswanto, owner and managing director of Less For More, serta Astri Zakiyyah, pemilik BWBYAZ, berbagi pengalaman mengenai bisnis mereka dalam acara Women Empowerment Weeks Conference Sirclo.

Berkolaborasi dengan e-commerce enabler Sirclo, mereka berhasil membesarkan lini fesyennya dengan pertumbuhan pembelian yang konsisten.

"Walaupun saat ini sudah ada platform marketplace ataupun media sosial, kami percaya bahwa kehadiran website sangatlah penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan menonjolkan identitas brand secara lebih kuat," kata Josephine, dalam pernyataan pers Sirclo, Selasa.

Menurutnya, ketika pelanggan memiliki trust, maka mereka akan langganan jangka panjang, sehingga customer service benar-benar harus dioptimalkan untuk melayani dan menjawab pertanyaan mereka sebaik mungkin.

Sirclo merupakan perusahaan e-commerce enabler di Indonesia yang membantu brands berjualan online melalui ragam solusi, di antaranya Sirclo Store, Sirclo Commerce, dan ICUBE by Sirclo.

Sirclo Store merupakan teknologi pembuatan toko online instan, memberikan solusi bagi brand untuk memiliki situs resmi agar pelanggan dapat bertransaksi secara online.

Seiring perkembangan kebutuhan untuk berjualan di berbagai kanal online sekaligus, melalui satu dasbor manajemen yang terpadu, Sirclo Store kini memiliki fitur Marketplace yang dapat mengelola penjualan brands di marketplace serta fitur Chat Commerce yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API.

Untuk memudahkan operasional sehari-hari, Josephine mengandalkan dua fitur Sirclo Store, yakni Website untuk mengelola penjualan online dari situs resmi shoplessformore.com dan marketplace untuk mensinkronisasi penjualan dari Tokopedia dan Shopee.

Sementara Astri menggunakan fitur Website pada Sirclo Store untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, kredibilitas brand, serta jangkauan penjualan agar dapat menarik pelanggan dari luar negeri. Ia juga memanfaatkan fitur Chat Commerce untuk membantu tim di balik brand BWBYAZ agar dapat membalas pertanyaan pelanggan dengan lebih cepat dan efisien.

“Saya memulai brand BWBYAZ ketika masih berkuliah. Ketika itu, saya harus membagi waktu sebaik mungkin antara mengelola usaha dan mengerjakan tugas-tugas kuliah. Untungnya, saat ini berbagai teknologi toko online seperti Sirclo Store bisa digunakan dengan harga terjangkau untuk membantu kita melayani pelanggan dengan lebih cepat, efisien, dan mudah," jelas Astri.

"Dari 5 brand tersukses di Sirclo Store saat ini, kami menemukan bahwa 3 di antaranya dimiliki oleh perempuan. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami, di mana kami melihat para perempuan Indonesia dapat menjadi ujung tombak kemajuan UMKM berbasis digital," kata Brian Marshal, Founder dan CEO Sirclo.

Dalam riset Sasakawa Peace Foundation, Indonesia bersama Thailand dinobatkan menjadi negara penyumbang jumlah pengusaha perempuan tertinggi di Asia Pasifik.

 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar