Dinkes Lampung sebut vaksinasi nakes telah capai 100 persen

id Corona Lampung, vaksinasi Lampung, COVID lampung,vaksinasi nakes

Dinkes Lampung sebut vaksinasi nakes telah capai 100 persen

Ilustrasi- Vial vaksin Sinovac yang digunakan untuk vaksinasi di Lampung. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Tenaga kesehatan yang ingin memperoleh vaksinasi COVID-19 kami siap membantu
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mencatat progres pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan (nakes) di Provinsi Lampung telah mencapai 100 persen.

"Untuk progres vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan telah mencapai 100 persen," kata Kepala Dinkes Provinsi Lampung Reihana saat dihubungi di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan ditargetkan menyasar 35.601 orang nakes.

"Meski telah mencapai 100 persen, apabila masih ada tenaga kesehatan yang ingin memperoleh vaksinasi COVID-19 kami siap membantu," katanya pula.

Menurutnya, pada saat pelaksanaan vaksinasi bagi tenaga kesehatan tidak semua tenaga kesehatan dapat melaksanakan vaksinasi akibat beragam hal, salah satunya karena memiliki penyakit bawaan, sedang menyusui atau hamil serta beragam hal lainnya.

"Berdasarkan data memang ada yang tidak mendapatkan vaksinasi akibat beragam hal, namun bagi yang tertunda ada yang telah dilakukan vaksinasi," ujarnya lagi.

Reihana menjelaskan saat ini tengah berlangsung vaksinasi tahap selanjutnya, yakni vaksinasi bagi petugas pelayanan publik serta warga lanjut usia (lansia).

"Masih kami lakukan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua di 15 kabupaten dan kota, dan harapannya semua dapat dilaksanakan dengan baik," katanya lagi.

Dia mengatakan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua akan memakan waktu lebih panjang dari vaksinasi tenaga kesehatan.

"Agak lebih panjang prosesnya sebab sasaran pun lebih banyak dari beragam pekerjaan yang berada dalam kategori petugas pelayanan publik serta lansia," ujarnya pula.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Lampung pada vaksinasi tahap pertama, yakni bagi tenaga kesehatan total sasaran vaksinasi berjumlah 35.601 orang, sedangkan pada vaksinasi tahap kedua total sasaran ada 45.296 orang petugas pelayanan publik dan 34.592 orang lansia yang menjadi sasaran vaksinasi tahap dua.
Baca juga: Vaksinasi nakes Lampung capai 92,76 persen
Baca juga: Progres vaksinasi COVID-19 bagi nakes Lampung capai 92,76 persen