16 nakes lansia di Kota Metro divaksinasi

id Vaksincovid19,COVID-19,Metro

16 nakes lansia di Kota Metro divaksinasi

Salah satu nakes lansia di Kota Metro diberikan vaksin COVID-19 jenis Sinovac di RSUD Jenderal Ahmad Yani, Rabu (24/2). (Antaralampung.com/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Sebanyak 16 tenaga kesehatan (nakes) lansia di atas 60 tahun di Kota Metro telah diberikan vaksin COVID-19 jenis Sinovac di RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro. 

"Iya sesuai surat arahan dari Dinas Kesehatan hari ini kita laksanakan vaksinasi untuk 16 lansia. Mereka merupakan dokter senior di Kota Metro," kata Plt Direktur RSUD Ahmad Yani Metro, dr. Fitri Agustina, Rabu.

Fitri menjelaskan, proses skrining nakes lansia tersebut sedikit berbeda dibanding nakes umum. Dimana, lansia harus diperiksa tekanan darah, rekam jantung dan riwayat penyakit. 

"Dan yang melakukan skrining itu dokter spesialis penyakit dalam," jelasnya.

Menurut dia, nakes lansia tersebut baru bisa mendapatkan vaksin yaitu tekanan darah dibawa 180 dan tidak memiliki penyakit diabetes militus  akut.

"Untuk yang punya riwayat penyakit diabetes militus kita cek dulu kadar gulanya. Tadi ada salah satu nakes lansia yang tekanan darahnya tinggi, jadi kita tunda pemberian vaksinya," ucapnya. 

Ia menambahkan, pemberian vaksin untuk nakes lansia ditargetkan selesai satu hari. Namun, kedepan jika ada penambahan nakes lansia akan dilakukan vaksinasi kembali. 

"Mudah-mudahan tidak ada kendala dan tidak ada efek yang ditimbulkan, jadi bisa selesai hari ini. Nanti kalau ada penambahan nakes lansia, kita siap berikan vaksin lagi. Karena memang kita menjadi rumah sakit rujukan pemberian vaksin," tambahnya.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Lampung bertambah 68
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar