Pemkab Pringsewu ikuti evaluasi SPBE tahun 2020

id lampung, pringsewu

Pemkab Pringsewu ikuti evaluasi SPBE tahun 2020

Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengikuti kegiatan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kementrian PANRB tahun 2020 secara virtual dengan menggunakan zoom meeting di ruang Video Confrence Aula Bupati Pringsewu.

Lampung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengikuti kegiatan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB tahun 2020 secara virtual dengan menggunakan zoom meeting di ruang Video Confrence Aula Bupati Pringsewu, bebetapa waktu lalu.



Kegiatan evaluasi ini berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan SPBE di lingkungan Kementrian/ Lembaga Negara/ Pemerintah Provinsi/ Kabupaten dan Kota.



Dalam evaluasi SPBE terdapat beberapa tahapan yakni evaluasi mandiri yang dilakukan oleh Tim Evaluator Internal dan Wawancara oleh Tim Evaluator Eksternal. Tim evaluator internal berasal dari internal K/L/D yang sedang dievaluasi, sedangkan tim evaluator eksternal berasal dari Perguruan Tinggi yang telah ditunjuk oleh Kementerian PANRB yakni UI, UGM, PENS, Telkom-U, UG, dan ITS. Dalam evaluasi SPBE tahun 2020 Pemkab Pringsewu masuk dalam Gelombang 5 dengan tim evaluator eksternal yang berasal dari Institut Teknologi Surabaya.



Kepala Dinas Kominfo Samsir Kasim, sebagai Penanggung Jawab/ Supervisor Tim Evaluator Internal Pemkab Pringsewu melakukan wawancara dengan Tim Evaluator Eksternal guna klarifikasi dan validasi terhadap bukti dukung yang telah disampaikan sebelumnya pada tahap evaluasi mandiri. Selain itu evaluator eksternal juga meminta untuk mendemokan aplikasi yang menjadi objek dalam evaluasi SPBE 2020.



Dalam wawancara tersebut, Tim Evaluator Eksternal menilai sebagian besar jawaban yang telah disampaikan oleh Tim Evaluator Internal Kabupaten Pringsewu telah sesuai dan cukup baik. Meski demikian juga diharapkan ke depannya untuk dapat ditingkatkan lagi dengan terus melakukan inovasi.



 

Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar