PT KAI jamin pelayanan prima bagi konsumen

id Pt kai, divre iv tanjungkarang, lampung, kereta api, pelayanan,KAI Tanjungkarang

PT KAI jamin pelayanan prima bagi konsumen

Arsip-Executive Vice President (EVP) PT KAI Divre IV Tanjungkarang Sulthon Hasanudin saat meninjau UMKM di Stasiun KA Tanjungkarang. (Antaralampung/HO/PT KAI)

"Sebagai salah satu perusahaan transportasi, tentu yang utama yaitu mengutamakan keselamatan para penumpang," kata Sulthon.
Bandarlampung (ANTARA) - Executive Vice President (EVP) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional IV Tanjungkarang Sulthon Hasanudin menegaskan, pihaknya menjamin pelayanan prima oleh PT KAI Divre IV Tanjungkarang kepada masyarakat dan penumpang yang menggunakan jasa dan angkutan kereta api. 

"Sebagai salah satu perusahaan transportasi, tentu yang utama yaitu mengutamakan keselamatan para penumpang," kata Sulthon, di Bandarlampung, Selasa. 
Baca juga: PT KAI gelar jalan sehat bersama warga Srengsem Bandarlampung

Menurutnya, keselamatan menjadi hal utama dan pilar yang paling depan untuk menjadikan transportasi yang dicintai dan disukai oleh masyarakat. 

Selain itu, pelayanan prima yang dimaksud, yaitu bisa berangkat dan datang tepat waktu, serta memberikan pelayanan di dalam kereta maupun di dalam stasiun. 

"Masyarakat saat ini menginginkan pelayanan yang maksimal setiap sarana transportasi. Ini juga harus didukung dengan kesadaran dari masing-masing penumpang untuk menjaga dan merawat setiap fasilitas yang diberikan oleh PT KAI," katanya lagi.

Sulthon menjelaskan, PT KAI akan berusaha sebaik-baiknya untuk menyediakan layanan transportasi yang terbaik, dengan mewadahi semua keluhan dari masyarakat. 

Menurutnya lagi, agar bisa menjadiikan prinsip layanan prima itu, perusahaan harus tetap berpegang sebagai perusahaan jasa dan tidak boleh diabaikan masalahnya, karena pelayanan menyangkut perasaan manusia.

"Jadi kami mohon maaf bila terjadi keterlambatan, itu semua bukan disengaja. Tetapi kita semua sebagai operator tetap semaksimal mungkin untuk bisa memperbaiki kekurangan tersebut," kata Sulthon pula. 
Baca juga: Sambut HUT ke-74, KAI lakukan sosialisasi keselamatan kepada pengendara

Sulthon mengatakan, PT KAI Divre IV Tanjungkarang juga telah memberikan pelayanan di luar kereta, yaitu kesehatan seperti rail clinic, dan edukasi kepada anak-anak usia dini tentang perkeretaapian.

"Ya, pokoknya berikan layanan terbaik kepada masyarakat yang tinggal di permukiman sekitar di bantaran rel, dan pengetahuan tentang kereta api kepada anak-anak khususnya di usia 5-8 tahun," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, PT KAI Divre IV memiliki empat jenis kereta, yaitu kereta lokal Seminung dan Way Umpu jurusan dari Tanjungkarang ke Kotabumi empat kali perjalanan (PP),  jarak menengah KA Kuala Stabas Tanjungkarang-Baturaja (PP), KA Rajabasa kelas ekonomi dari Stasiun Tanjungkarang ke Kertapati, dan KA Limex Sriwijaya kelas bisnis dari Tanjungkarang-Kertapati (PP).

"Kami terus upayakan ada beberapa tambahan kereta, yaitu kereta bandara, apalagi saat ini tingkat pertambahan penduduk semakin besar setiap harinya. Dengan adanya kereta bandara ini bisa mengurangi jumlah pengendara di jalan raya yang menggunakan kendaraan pribadi," katanya pula.

"Kami berusaha untuk ramah dan berusaha untuk berkomunikasi memberikan informasi yang benar tentang kereta api," ujar dia lagi.
Baca juga: Ratusan warga ikuti pengobatan gratis PT KAI Divre IV Tanjungkarang

Menurutnya, hal itu yang menjadi perhatian juga, yaitu bagaimana berusaha membuat penumpang merasa nyaman.

"Ini yang perlu saya garisbawahi kami berusaha membuat mereka nyaman. Meskipun ini agak susah. Bicara kenyamanan setiap orang kan relatif," kata dia.