Ratusan warga ikuti pengobatan gratis PT KAI Divre IV Tanjungkarang

id Pt kai, divre IV, tanjungkarang, rail clinic, emir

Ratusan warga ikuti pengobatan gratis  PT KAI Divre IV Tanjungkarang

Petugas kesehatan sedang memeriksakan kesehatan masyarakat yang ada di sekitar stasiun kalibalangan Lampung Utara (Foto : Antaralampung/Emir F saputra)

Bandarlampung (ANTARA) - PT KAI Divre IV Tanjungkarang menggelar pengobatan gratis yang keenam kalinya di Stasiun Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara. 

“Kegiatan ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya warga yang ada di sekitar pinggiran rel sebagai bukti kepedulian perusahaan kepada warga,” kata Kepala Divre IV Tanjungkarang, Sulthon Hasanudin, di Kotabumi. Kamis. 

Menurutnya,  pengobatan gratis ini merupakan bentuk CSR dari PT KAI di bidang kesehatan masyarakat, yakni memberikan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga sekitar pinggir rel sekaligus bertujuan mendekatkan diri kepada masyarakat, menjalin keakraban dan silahturahmi.

Selain itu, kegiatan pengobatan gratis ini adalah yang ke-6 kalinya dari 14 kali yang telah diprogramkan selama tahun 2019.

“Bhakti sosial yang telah diselenggarakan sejak 2017 ini dapat  menyehatkan masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan dan dapat dijangkau dengan fasilitas kesehatan barbasis jalan rel, sekaligus untuk menyosialisasikan bahayanya masyarakat yang beraktivitas di sekitar rel,” kata Sulthon.

Ia menjelaskan, masyarakat menjadi pemeran utama dalam menjaga infrastruktur.
 
“Kita saling bekerja sama dalam menjaga lingkungan, apalagi daerah yang rawan banjir. Buang sampah jangan di rel kereta  dan di saluran  yang bisa menyebabkan banjir, sehingga berpotensi gangguan, membuat perjalanan kereta api menjadi tidak selamat,” katanya

Sementara itu.  Manager Humas PT.Kereta Api Divre IV Tanjungkarang, Sapto Hartoyo, mengatakan, layanan rail clinic di antaranya pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan mata, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian.

“Undangan kami berikan sebanyak 250 orang, tetapi yang datang 305 orang. Alhamdulilah antusias masyarakat sangat tinggi untuk datang ke sini,” jelasnya 

Selain pengobatan gratis PT KAI Divre IV, ada pembagian kaca mata gratis kepada 30 anak SD di sekitar Stasiun Kalibalangan dan pembagian tas.
Baca juga: Gubernur Lampung dan Menhub bahas jalur KA batu bara