Gajah dan badak tetap jadi ikon Festival Waykambas

id Festival Waykambas,gajah, badak sumatera

Gajah dan badak tetap jadi ikon Festival Waykambas

Atraksi gajah sumatera di Taman Nasional Way Kambas, Lampung (Antara Lampung/Muklasin)

    Bandarlampung (AntaraNews Lampung) - Pemkab Lampung Timur bakal menggelar Festival WayKambas XVIII/ 2018 pada 9 - 11 November dan diperkirakan puluhan ribu orang akan menyaksikan festival tahunan itu.
   
"Berkaitan itu, logo Festival Waykambas 2018 telah diluncurkan, yakni gajah dan badak sumatera," Kepala Bagian Humas Pemkab Lampung Timur, Mudjianto, di Sukadana Lampung Timur, Jumat.
   
Logo Festival Waykambas dihasilkan melalui sayembara. Sebagai pemenang adalah logo yang menampilkan badak sumatera bercula dua menghadap ke kanan,  dan gajah sumatera di sampingnya menghadap ke kiri dan sebuah pohon berdaun lebat menaungi kedua satwa dilindungi itu.
     
Ia menyebutkan bahwa  gajah merupakan ikon Taman Nasional Way Kambas. 
   
"Gajah melambangkan kekuatan, ketegaran,  kecerdasan, dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa," katanya.
   
Badak merupakan ikon Kabupaten Lampung Timur yang melambangkan keberanian dan tekad yang kuat membangun daerah Lampung Timur. Pohon berdaun lebat merupakan simbol kawasan konservasi, kemakmuran dan kesejahteraan buat masyarakat.
     
Lgo Festival Waykambas 2017 menampilkan gambar ikon gajah "Nunik" dan badak sumatera bercula dua "Delilah" Taman Nasional Way Kambas dalam sebuah lingkaran dengan latar belakang sebuah pohon yang disinari cahaya .
   
Dalam logo Gajah "Nunik" sedang memegang kamera dan menghadap sisi sebelah kanan yang melambangkan Nunik yang merupakan gajah kecil berkelamin betina,  sehat,  lincah dan selalu berpandangan positif tentang pariwisata di Kabupaten Lampung Timur.
   
Sementara Gambar Badak "Delilah" menghadap sisi kiri menggambarkan pekerja keras dan pantang menyerah. Lingkaran biru dan hijau melambangkan pesona keindahan dan kesuburan tanah alami TNWK.