Keluarga terduga ISIS di Lampung Utara mulai didata

id keluarga terduga isis, isis di lampung utara didata

...Kami akan melakukan pembinaan serta pengawasan," ujarnya...
Kotabumi, Lampung Utara (ANTARA Lampung) - Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Lampung Utara mendata keluarga terduga jaringan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang masih berada di wilayah Lampung.

Kepala Kesbangpol dan Linmas Lampung Utara Murni Rizal di Kotabumi, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pendataan terhadap keluarga besar Kasiati Warkam (50), Trimanto Sarimin Warkam (29), dan istrinya, Sofiatun Umiyati (37), warga Lampung Utara yang diduga terlibat dalam jaringan ISIS. Mereka telah diamankan Tim Densus 88 di Mabes Polri.

"Kami sudah melakukan pendataan terhadap keluarga Ibu Kasiati, termasuk saudara-saudaranya dan anak-anak dari Kasiati itu. Kami akan melakukan pembinaan serta pengawasan," ujarnya.

Selain itu, Kesbangpol dan Linmas Lampung Utara juga telah menggelar rapat dengan instansi terkait, kepolisian, TNI, dan imigrasi wilayah Kotabumi.

"Sebelumnya, kami juga sudah melakukan koordinasi dengan jajaran serta pihak kepolisian, TNI, dan pihak imigrasi. Untuk melakukan langkah-langkah konkret dalam melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap keluarganya (Kasiati Warkan, red.)," kata dia.

Murni Rizal juga mengatakan bahwa kecurigaan terhadap keluarga itu sebenarnya sudah ada sejak lama. Karena menurut laporan kepala desa dan camat setempat, warga mengetahuinya karena mereka sering terlihat tidak mengikuti shalat Jumat sejak 2007.

"Ibu Kasiati diketahui enam bersaudara, dia bersama dua saudaranya bertempat tinggal di Sidorahayu, Abung Semuli, Lampung Utara, tiga lainnya tinggal di daerah PT SIL," katanya.

Kasiati Warkam, memiliki lima saudara, di antaranya, Solihin, Soimah, dan Soliyem, tinggal di daerah SIL, sedangkan Siti Riyani, dan Sutrimo, bertempat tinggal sama dengan dirinya di Desa Sidorahayu, Kecamatan Abung Semuli, Kabupaten Lampung Utara.

"Empat orang anak dari Kasiati Warkam, yakni Kasini tinggal di Jombang, Kasiyem, Trimanto, dan Aliman, di Sidorahayu," katanya.(Ant)