DJPb Lampung catat realisasi KUR Januari-Juni capai Rp4,6 triliun

id Realisasi KUR lampung, KUR lampung, pembiayaan permodalan lampung

DJPb Lampung catat realisasi KUR Januari-Juni capai Rp4,6 triliun

Ilustrasi- Petani jagung di Lampung sebagai salah satu sasaran penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di sektor pertanian di Provinsi Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Kami optimis penyaluran kredit usaha rakyat ke berbagai sektor akan terus bertumbuh di 2024 ini, dengan capaian di pertengahan tahun ini sudah cukup baik
Bandarlampung (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Provinsi Lampung menyatakan bahwa realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah mencapai Rp4,6 triliun di periode Januari hingga Juni 2024.
 
"Sampai dengan 24 Juni atau di akhir triwulan kedua, dari target Rp9 triliun dari Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD), realisasi kredit usaha rakyat sudah mencapai Rp4,6 triliun atau sudah 50 persen lebih dari target," ujar Kepala Kantor Wilayah DJPb Kementerian Keuangan Provinsi Lampung Mohammad Dody Fachrudin di Bandarlampung, Senin.
 
Ia mengatakan jumlah total debitur kredit usaha rakyat pada periode Januari hingga Juni sebanyak 103.986 orang debitur.
 
"Program kredit usaha rakyat ini kami yakin terus bertumbuh dari tahun lalu, meski ada graduasi penerima. Bagi penerima kredit usaha rakyat yang tergraduasi akan tertutup dari yang penerima pengulangan dan debitur baru. Yang bisa mendapatkan kredit usaha rakyat berulang hanya di sektor pertanian bisa dapat empat kali, di luar sektor itu hanya dua kali," katanya.
 
Dia menjelaskan jumlah penyaluran KUR terbesar di wilayahnya berada di Kabupaten Lampung Tengah dengan jumlah penyaluran Rp1 triliun, dengan jumlah debitur sebanyak 22.529 orang debitur.
 
"Kemudian rincian penyaluran kredit usaha rakyat per kabupaten meliputi untuk Kabupaten Lampung Timur ada sebanyak Rp659 miliar dengan debitur 15.037 orang, Lampung Selatan penyaluran Rp522 miliar dan jumlah debitur 11.034 orang," ucap dia.
 
Dia melanjutkan di Kabupaten Lampung Utara penyaluran KUR mencapai Rp400 miliar dan debitur sebanyak 10.492 orang, Waykanan penyaluran Rp390 miliar dengan 9.600 orang debitur, Kota Bandarlampung ada 5.496 orang debitur dengan jumlah penyaluran KUR Rp347 miliar.
 
Kemudian Kabupaten Tanggamus ada 8.167 orang debitur dan penyaluran KUR sebanyak Rp339 miliar, Tulang Bawang penyaluran Rp266 miliar dengan debitur 5.761 orang, Mesuji mencapai Rp162 miliar untuk penyaluran dan debitur 3.329 orang.
 
"Penyaluran kredit usaha rakyat di Kabupaten Pesawaran sebanyak Rp130 miliar dengan debitur 3.056 orang, Pringsewu penyaluran Rp126 miliar dan 2.698 orang debitur, Lampung Barat debiturnya berjumlah 2.781 orang dan penyaluran sudah mencapai Rp95 miliar," tambahnya.
 
Selanjutnya di Kota Metro ada 1.426 orang debitur dengan realisasi penyaluran KUR Rp88 miliar, Tulang Bawang Barat penyaluran Rp77 miliar, Pesisir Barat jumlah debitur ada sebanyak 818 orang dengan penyaluran Rp30 miliar, dan dari Pemerintah Provinsi Lampung debitur berjumlah 74 orang serta jumlah penyaluran Rp2 miliar.
 
"Kami optimis penyaluran kredit usaha rakyat ke berbagai sektor akan terus bertumbuh di 2024 ini, dengan capaian di pertengahan tahun ini sudah cukup baik, ditambah lagi dengan dengan jumlah debitur yang terus bertumbuh," kata dia lagi.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DJPb Lampung: Realisasi KUR Januari-Juni capai Rp4,6 triliun