Hujan sedang hingga lebat disertai petir berpotensi di Lampung

id BMKG,peringatan cuaca,hujan

Hujan sedang hingga lebat disertai petir berpotensi di Lampung

Logo BMKG (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan sedang hingga lebat disertai petir pada Selasa, bagi sejumlah wilayah di Indonesia, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Nusa tenggara Timur, Sulawesi Tengah,

Peringatan yang sama juga diberikan BMKG kepada Bali, Banten, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara.

Adapun hujan lebat diperkirakan terjadi di Kalimantan Utara dan Papua, serta risiko angin kencang di Sulawesi Barat.

Sebagian besar kota-kota di Indonesia diperkirakan berawan, bahkan berawan tebal, pada pagi hari, seperti Denpasar, Serang, Bengkulu, Jakarta Pusat, Jambi, Semarang, Surabaya, Palangkaraya, Tarakan, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Mataram, Makassar, Kendari, dan Manado.

Pada siang hari, beberapa kota diperkirakan mengalami hujan disertai petir, seperti Banjarmasin dan Pangkal Pinang. Adapun Kupang diperkirakan akan diguyur hujan yang disertai petir pada siang, malam, dan dini hari, dan Bandar Lampung berisiko hujan petir pada siang, serta hujan lebat pada malam hari.

Hujan ringan diperkirakan turun pada siang di sejumlah kota, yaitu Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jambi, Bandung, Semarang, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Mataram, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Kendari, dan Padang.

Adapun di DKI Jakarta, seluruh kota diperkirakan berawan pada pagi dan siang hari, kecuali Jakarta Selatan yang diperkirakan hujan ringan pada siang, malam, dan dini hari.

Sementara itu, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu berpotensi terkena hujan yang disertai petir pada malam hari. Pada waktu yang sama, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur diperkirakan terkena hujan ringan.

Pada dini hari, seluruh kota di DKI Jakarta diperkirakan terkena hujan dengan intensitas berbeda-beda, dengan hujan sedang mengguyur Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara, dan hujan ringan di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Kepulauan Seribu.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG peringatkan risiko hujan sedang hingga lebat disertai petir