Rublev didiskualifikasi dari ATP Dubai usai berargumen dengan wasit

id Rublev,Kejuaraan Dubai,ATP Dubai,Andrey Rublev,tenis

Rublev didiskualifikasi dari ATP Dubai usai berargumen dengan wasit

Petenis Russia Andrey Rublev. ANTARA/AFP/Anne-Christine POUJOULAT/aa. (AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT)

Jakarta (ANTARA) - Petenis Rusia Andrey Rublev didiskualifikasi dalam turnamen ATP Dubai karena diduga menggunakan bahasa yang tidak pantas dalam kemarahannya kepada wasit garis, Jumat waktu setempat, sehingga memberi Alexander Bublik tempat di final.

Sebagian besar set penentuan didominasi oleh argumen antara Bublik dan wasit ketua Miriam Bley mengenai waktu untuk bola baru.

Namun, justru unggulan kedua Rublev yang kehilangan ketenangannya pada kedudukan 6-7(4/7), 7-6(7/5), 6-5, berteriak ke arah wasit garis, dan dituduh oleh wasit lain dia mengeluarkan ucapan sumpah serapah dalam bahasa Rusia.

Rublev bersikeras dia berbicara dalam bahasa Inggris dan dia tidak menggunakan kata-kata kotor apa pun, tetapi petenis berusia 26 tahun itu gagal mempertahankan argumennya.

Bublik mencoba meyakinkan Bley dan supervisor ATP Roland Herfel untuk terus melanjutkan permainan tetapi keputusan dibuat dan pertandingan usai.

Hasil ini juga berarti Bublik telah mengamankan debutnya di peringkat 20 besar dan akan menjadi petenis Kazakhstan pertama yang menembus peringkat 20 besar dunia dalam sejarah peringkat ATP ketika klasemen baru dirilis pada Senin mendatang.

"Saya lebih memilih kalah 7-6 di kuarter ketiga daripada memenangi pertandingan seperti ini," kata Bublik usai pertandingan, seperti disiarkan AFP, Sabtu.

"Kami bisa saja memainkan salah satu pertandingan terhebat yang kami mainkan melawan satu sama lain di depan penonton yang memadati Dubai. Sayang sekali berakhir seperti ini."

Rublev mendapat simpati dari petenis Spanyol Alejandro Davidovich Fokina, perempat finalis di Dubai, yang menggambarkan sanksi tersebut sebagai hal yang memalukan.

"Sangat tidak adil jika mereka mendiskualifikasi Rublev tanpa terlebih dahulu memastikan bahwa apa yang dipahami hakim garis adalah benar," tulis pemain peringkat 24 dunia itu di media sosial X.

"Peraturan itu harus ditinjau dan diubah. Memalukan. Kita memerlukan VAR dalam tenis."

Rublev bangkit dari ketinggalan 0-3 pada set pertama dan memainkan tiebreak yang solid untuk memimpin dalam 50 menit, bertahan dari 17 winner dari raket Bublik.

Set kedua mengikuti pola yang sama, dengan Bublik mengklaim break servis awal namun gagal mempertahankan keunggulannya saat Rublev memaksakan tiebreak.

Namun kali ini, Bublik yang melakukan servis merebut empat poin terakhir untuk membawa babak semifinal ke set penentuan.

Bublik kehilangan servis pada gim pembuka set terakhir, dan berdebat panjang lebar dengan Bley tentang waktu untuk bola baru dimasukkan ke dalam permainan.

Dia juga menerima pelanggaran kode etik atas perilaku tidak sportif karena menggunakan kata-kata kotor saat marah setelah dikenakan pelanggaran.

Meskipun terus memperdebatkan masalah ini dengan Bley, Bublik berhasil membalas kesalahan overhead dari Rublev, yang memiliki tujuh peluang break point untuk memperbesar keunggulannya tetapi tidak dapat melakukan konversi dan set tersebut tiba-tiba menjadi imbang 4-4.

Setelah Bublik menahan servis untuk kedudukan 6-5, Rublev berteriak ke arah hakim garis dengan marah dan segera menerima peringatan.

Bublik yakin penerapan electronic line-calling di semua turnamen akan membantu menghindari insiden serupa di masa mendatang.

"Kami mempunyai bukti setiap minggunya bahwa ketika turnamen ini menggunakan electronic line-calling, kami tidak mengalami masalah-masalah ini. Para pemain tidak menjadi gila. Itu adalah semangat kami. Kami bermain untuk ini. Kami hidup untuk ini. Kami tumbuh dengan mimpi untuk bermain di stadion-stadion ini," kata Bublik.

"Kemudian seseorang yang bekerja selama tiga tahun sebagai hakim garis, berada di sana memutuskan sesuatu. Lalu Anda menghadapi situasi seperti ini. Apakah ini salah Andrey? Mungkin. Apakah ini salah wasit? Mungkin."

"Jika kami mengeluarkan wasit, kami tidak bisa melepas Andrey. Itulah masalahnya. Kami tidak bisa melepas pemain... Ini tenis karena ada para pemainnya, karena kami memainkan olahraga ini, bukan sebaliknya," ujar Bublik.

"Kami bisa menyingkirkan wasit mana pun -- dan itu akan menyelesaikan banyak masalah."



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rublev didiskualifikasi dari ATP Dubai setelah berargumen dengan wasit