Piala Asia: Drama lima gol bawa Qatar ke final usai menang 3-2 atas Iran

id Piala Asia 2023, semifinal, timnas Qatar, Iran, Yordania, sepak bola Internasional

Piala Asia: Drama lima gol bawa Qatar ke final usai menang 3-2 atas Iran

Selebrasi para pemain timnas Qatar setelah mencetak gol dalam pertandingan semifinal lawan Iran di Stadion Al Thumama pada Rabu (07/2/2024). ANTARA/HO-AFC

Injury time lebih dari 15 menit tidak mampu membantu Iran untuk mencetak gol penyeimbang
Jakarta (ANTARA) - Tim juara bertahan sekaligus tuan rumah Qatar dipastikan bakal menghadapi Yordania di pantai final Piala Asia 2023.
 
Lolosnya Qatar ke final terjadi setelah mereka menang 3-2 atas Iran dalam laga semifinal di Stadion Al Thumama pada Rabu (7/2) malam WIB.
 
Iran unggul cepat pada menit ke-4 lewat Sardar Azmoun. Penyerang AS Roma itu menyambar sapuan bek Qatar Pedro Miguel dengan tendangan salto yang menjebol gawang kiper Meshaal Barsham. Skor 1-0.
 
Keunggulan Iran hanya bertahan sampai menit ke-17. Jassem Gaber menuntaskan umpan tarik Akram Afif dengan tembakan jarak jauh. Bola sempat mengenai pemain Iran sebelum masuk ke gawang yang dijaga Alireza Beiranvand. Kedudukan imbang 1-1.
 
Pada menit ke-43, Qatar berbalik unggul. Aksi tusukan ke dalam (cut inside) Afif dari sisi kiri dituntaskan dengan tembakannya ke sudut kanan gawang Iran yang gagal diselamatkan Beiranvand. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.
 
Iran memulai babak kedua dengan buruk setelah mereka mendapatkan hukuman penalti pada menit ke-49 karena Ahmed Fathi melakukan handball di kotak terlarang. Alireza Jahanbakhsh maju sebagai eksekutor dan berhasil menaklukkan Barsham untuk mengubah skor menjadi 2-2.
 
Kedua tim kemudian bermain menyerang dan mencoba mencetak gol ketiga di sisa waktu.
 
Qatar akhirnya berhasil mencetak gol ketiga menjelang akhir pertandingan atau menit ke-82. Tendangan jarak jauh Abdel Aziz Hatem mendarat di kaki Almoez yang berada di kotak penalti. Almoez tidak menyia-nyiakan peluang itu dan melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang Iran tanpa mampu dihalau Beiranvand.
 
Video Assistant Referee (VAR) sempat mengecek gol tersebut karena Almouz diduga offside, tetapi golnya dinyatakan sah. Skor menjadi 3-2 untuk Qatar.
 
Iran berupaya menyamakan skor, tetapi harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-90+3 usai Shojae Khalilzadeh diganjar kartu merah karena melanggar Afif yang tengah berlari ke gawang Iran untuk mencetak gol.
 
Injury time lebih dari 15 menit tidak mampu membantu Iran untuk mencetak gol penyeimbang.
 
Qatar untuk kedua kali secara beruntun (2019 dan 2023) sukses melaju ke final. Sementara itu lawan mereka, Yordania sudah lebih dahulu lolos ke final setelah menyingkirkan Korea Selatan 2-0.