Hari Ikan Nasional digelar di Desa Margasari Lampung Timur

id Harkanas, Hari Ikan Nasional, Gubernur Lampung,Lampung Timur

Hari Ikan Nasional digelar di Desa Margasari Lampung Timur

Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-10 Tahun 2023 setiap tanggal 21 November, di Provinsi Lampung digelar di TPI Kuala Penet, Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur, pada Jumat, 8 November 2023. FOTO ANTARA/MUKLASIN.

Lampung Timur (ANTARA) - Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-10 Tahun 2023 setiap tanggal 21 November, di Provinsi Lampung digelar di TPI Kuala Penet, Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur, pada Jumat, 8 Desember 2023.

Acara dibuka Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Mendampingi gubernur, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Derni, anggota DPR RI Hanan Rajak, Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi dan jajaran, Dandim 0429 Lampung Timur Letkol Kav Czi Indra Puji Triwanto, Kapolsek Labuhan Maringgai mewakili Polres Lampung Timur, Camat Labuhan Maringgai, Kepala Desa Margasari.

Acara dihadiri sekitar 1000 an warga dan nelayan, kelompok perikanan, DPD HNSI Lampung, DCP HNSI Lampung Timur.

Pada kesempatan tersebut diserahkan pula berbagai bantuan dari Pemprov Lampung kepada sejumlah kelompok nelayan.
 
"Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan konsumsi ikan dalam mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional," ujar Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Derni di lokasi kegiatan.

Tujuan selanjutnya dari kegiatan tersebut adalah menaikkan citra produk perikanan dan kelautan, serta mempromosikan hasil perikanan kelautan.

"Dan meningkatkan semangat bahari dan kemaritiman bagi generasi muda," ujar Liza Dermi lagi.


Dia menambahkan, Lampung Timur merupakan salah satu sentra perikanan di Provinsi Lampung. 

Adapun Produksi perikanan Provinsi Lampung sebanyak 348 ribu ton.

"Hasil tangkapan udang dan ikan Provinsi Lampung masuk dalam 10 Nasional," terangnya.