Tekan stunting, LKC Dompet Dhuafa galakkan ASI eksklusif

id Dompet Dhuafa, ASI Eksklusif

Tekan stunting, LKC Dompet Dhuafa galakkan ASI eksklusif

Tekan stunting, LKC Dompet Dhuafa galakkan ASI eksklusif. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Kegiatan ini menambah wawasan saya mengenai kebutuhan ASI bagi anak saya....
Jakarta (ANTARA) - Program menurunkan angka stunting dengan menggalakkan angka air susu ibu (ASI) eksklusif terus digencarkan oleh Dompet Dhuafa melalui Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC).

Salah satunya aksi dalam Pekan ASI Sedunia yang dilaksanakan pada Kawasan Sehat RW 011, Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan, Kamis (3/8), dengan jumlah penerima manfaat dari kegiatan ini terdiri 30 ibu-ibu menyusui dan hamil.

Di sela-sela kegiatan Rita Yulita SST selaku penanggung jawab agenda tersebut, mengatakan tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan edukasi dan informasi sebanyak-banyaknya kepada calon ibu maupun ibu menyusui. Peserta yang berhasil memberikan ASI eksklusif juga mendapatkan apresiasi berupa sertifikat menyusui.

Masih rangkaian Pekan ASI Sedunia juga dilaksanakan pada Kawasan Pos Sehat Kesehatan Ibu dan Anak RW  014, Kelurahan Warakas, Jakarta Utara pada Senin (7/8). Jumlah penerima manfaat dari kegiatan siang ini sekitar 45 Ibu-ibu hamil dan menyusui. 

Kegiatan ini meliputi edukasi atau kampanye ajakan memberikan ASI eksklusif dari usia 0-6 bulan dan dilanjutkan sampai usia dua tahun. Kegiatan ini juga diisi dengan demo masak untuk ibu menyusui, yakni menu sehat telur dadar daun kelor, nugget sayuran, dan puding sehat. 

"Dalam rangkaian kegiatan ini juga bentuk upaya dalam mendukung program menurunkan angka stunting dengan harapan para calon ibu dan ibu menyusui dapat mempraktikkan menu sederhana ini di rumah masing-masing. Peserta sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan ini,” kata Rita Yulita.

“Saya sangat bersyukur setidaknya ada kegiatan ini menambah wawasan saya mengenai kebutuhan ASI bagi anak saya, serta asupan gizi yang mencukupi sehingga terhindar dari gizi buruk,” ujar Leny, warga Warakas yang datang dalam acara tersebut.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (Berita Kerja Sama)
Baca juga: Dompet Dhuafa Jawa Barat gelar Edutrip With Yatim
Baca juga: Khadijah Learning Center Dompet Dhuafa dan Kampus Bisnis Umar Usman wujudkan Womenpreneur Growth Academy