Jambi terima bantuan empat helikopter dari BNPB untuk antisipasi karhutla

id Jambi,empat helikopter bantuan BNPB, untuk Jambi,karhutla 2023

Jambi terima bantuan empat helikopter dari BNPB untuk antisipasi karhutla

Pelaksana Harian Kepala BPBD Jambi Dodi Chandra.(ANTARA/HO)

Jambi (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jambi menerima bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa empat helikopter untuk mengantisipasi dan mendukung penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada tahun ini di daerah tersebut.

"Helikopter tersebut sudah tiba dan masih disiagakan di Bandara Sultan Thaha Jambi," kata Pelaksana Harian Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi Dodi Chandra di Jambi Selasa.

Sebanyak satu helikopter patroli bantuan dari BNPB tersebut, tiba di daerah setempat untuk tahap pertama pada 2 Juni 2023, sedangkan tahap kedua dan ketiga berupa helikopter pengebom air tiba pada 6 dan 8 Juni 2023.

"Hari ini atau besok (14/6) akan datang lagi helikopter patroli sehingga ada empat helikopter yang datang ke Jambi," kata dia.

Pemerintah Provinsi Jambi sebelumnya mengajukan enam bantuan helikopter untuk mengantisipasi karhutla di daerah itu kepada pemerintah pusat, di antaranya dua helikopter patroli dan empat helikopter pengebom air. Namun, empat helikopter tersebut belum bisa digunakan karena masih menunggu verifikasi dari tim BNPB.

"Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat penggunaan helikopter dan nanti digunakan setelah selesai verifikasi dari BNPB baru bisa digunakan," katanya.

Saat ini, Provinsi Jambi sudah memasuki status siaga darurat karhutla. Meski demikian, belum ada kasus kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.