Pemkab Lampung Barat siapkan pojok UMKM di setiap instansi

id UMKM ,Lampung barat ,sediakan pojok umkm

Pemkab Lampung Barat siapkan pojok UMKM di setiap instansi

Suasana saat sejumlah pejabat dinas dan kepala daerah mengikuti rapat di Pemda Lampung Barat. ANTARA/HO-Kominfo Lampung Barat

Lampung Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat, Provinsi Lampung, akan menyediakan pojok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di setiap instansi/dinas guna meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Lampung Barat Tri Umaryani membenarkan bahwa, pihaknya akan meminta kepada organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mempromosikan hasil olahan UMKM.

"Untuk bapak ibu OPD diharapkan partisipasinya dalam melakukan promosi. Mungkin dengan salah satu cara jika ada tamu yang berkunjung maka disediakan produk UMKM kita, seperti kopi atau yang lainnya," kata Tri Umaryani, saat dihubungi dari Pesisir Barat, Selasa.

Ia mengatakan, keberadaan UMKM mempunyai peran penting dalam strategi meningkatkan perekonomian di suatu daerah.

"UMKM digadang-gadang mampu menjadi motor penggerak ekonomi di setiap daerah. Hal itu pun tak terkecuali bagi Kabupaten Lampung Barat," kata dia.

Menurut dia, hal yang terpenting dalam meningkatkan pengenalan terhadap produk UMKM yakni, melakukan promosi yang cukup, agar produk UMKM di Lampung Barat dapat dikenal tingkat nasional bahkan internasional. 

Oleh karena itu, ia menuturkan, salah satu cara metode promosi yang dilakukan yakni menyediakan pojok UMKM yang disediakan di setiap instansi/dinas lingkungan Kabupaten Lampung Barat hingga instansi vertikal. 

Menanggapi hal tersebut, Asisten Administrasi Umum Ismet Inoni mengapresiasi penyediaan pojok UMKM yang diluncurkan Dinas Koperindag. 

Ia mengatakan pula, upaya tersebut merupakan langkah yang tepat guna meningkatkan promosi terhadap produk UMKM yang berada di Kabupaten Lampung Barat. 

"Dengan cara menyediakan bahkan memberi bingkisan produk lokal UMKM kita kepada tamu yang berkunjung ke OPD-OPD ini merupakan cara yang efektif memperluas jaringan promosi kita," kata Ismet. 

Dengan adanya promosi melalui pojok UMKM, dirinya berharap dapat mendongkrak perekonomian di Kabupaten Lampung Barat. 

"Selain untuk melakukan promosi produk UMKM ini juga memang menjadi kebutuhan bagi setiap OPD, seperti halnya kopi, gula semut bahkan keripik pisang untuk menjadi suatu suguhan kepada tamu yang berkunjung. Maka dari itu mari kita sama-masa untuk mendukung produk UMKM kita," katanya pula.