Aturan "Made in USA" untuk dukung kendaraan listrik ditolak Uni Eropa

id UE-AS,kredit pajak,kendaraan listrik ,made in USA

Aturan "Made in USA" untuk dukung kendaraan listrik ditolak Uni Eropa

Foto Dokumen - Wakil Presiden Eksekutif Komisi Eropa Valdis Dombrovskis menghadiri konferensi pers setelah pertemuan Dewan Komisaris Eropa, di Brussels, Belgia 9 November 2022. ANTARA/REUTERS/Yves Herman.

Stockholm (ANTARA) - Uni Eropa sedang mencoba meyakinkan Amerika Serikat (AS) untuk meringankan persyaratan bahwa kendaraan listrik harus "Made in the USA" guna memenuhi syarat buat kredit pajak, bahkan ketika kedua belah pihak mendekati kesepakatan tentang bahan baku, seorang pejabat senior Uni Eropa mengatakan pada Kamis (9/3).

Washington memberikan kredit pajak hingga 7.500 dolar AS bagi konsumen yang membeli kendaraan listrik, tetapi hanya jika perakitan akhir dan komponen baterai berjumlah setidaknya setengah dari nilai yang dibuat di Amerika Utara.

Wakil Presiden Komisi Eropa Valdis Dombrovskis, yang mengawasi kebijakan perdagangan UE, mengatakan diskusi terus berlanjut tentang persyaratan konten lokal ini dan bahwa UE ingin menetapkan bagaimana komponen baterai didefinisikan.

"Apakah hanya komponen baterai tertentu atau semuanya? Dan memang itu menjadi bahan diskusi dengan Menteri Keuangan Yellen Kamis lalu. Jadi pekerjaan sedang berlangsung," katanya dalam pengarahan di Stockholm sebelum pertemuan menteri tentang perdagangan.

Departemen Keuangan akan menetapkan pedoman akhir bulan ini.

"Mereka harus menghormati hukum, tapi masih ada ruang untuk bermanuver," kata Dombrovskis.

Kriteria lebih lanjut untuk kredit pajak adalah bahwa sebagian besar bahan penting berasal dari mitra perjanjian perdagangan bebas (FTA) AS, sedangkan Uni Eropa bukan.

Amerika Serikat dan Uni Eropa tetap bekerja menuju kesepakatan untuk membuat mineral Eropa memenuhi syarat untuk kredit pajak, kata seorang pejabat senior UE pada Jumat. Uni Eropa akan dianggap memiliki status "setara FTA".

Dombrovskis mengonfirmasi hal ini, dengan pengumuman yang diharapkan akan dilakukan pada Jumat ketika Presiden AS Joe Biden dan Presiden Komisi Ursula von der Leyen bertemu.

Dombrovskis mengatakan Uni Eropa juga ingin membuat "klub" bahan mentah kritis yang akan menyatukan negara-negara konsumen dan produsen yang berpikiran sama, sebagai penyeimbang China, yang mendominasi pemrosesan litium dan tanah jarang.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Uni Eropa tolak aturan "Made in USA" untuk dukungan kendaraan listrik