Pemkot Metro Lampung perkuat kerja sama di sektor pangan

id Kerjasama antar daerah, Pemkot Metro, penyediaan pangan, kerjasama pangan,Antara Lampung, Lampung Update

Pemkot Metro Lampung perkuat kerja sama  di sektor pangan

Koordinator KAD Pemkot Metro Pipi Puspita. ANTARA/Hendra Kurniawan

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, Provinsi Lampung, akan memperkuat kerja sama antardaerah dalam penyediaan pangan dan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kerja sama government to government (G to G) dan business to business (B to B) ini merupakan yang kali pertama dilakukan," ujar Koordinator Kerjasama Antar Daerah Pemkot Metro Pipi Puspita, di Metro, Lampung, Selasa.

Ia menjelaskan pihaknya kini tengah menjalin kerja sama pangan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kerja sama antarpemerintah ini terjamin keamanannya. Untuk saat ini, akan dilakukan di sektor pangan, di mana saat ini tengah dilakukan penjajakan penambahan volume, varietas, komoditas lain dan perluasan gerai," katanya.

Dia mengatakan sejak ditandatangani pada 10 Juni lalu sampai saat ini, Pemkot Metro sudah mengirim sebanyak lima truk produk UMKM, sembilan ton telur, 10 ton beras, dan 30 ekor sapi ke DKI Jakarta.

"Telah ada empat pelaku usaha di Kota Metro yang terlibat dalam kerja sama ini, yaitu PT Kuasa Omega Jaya (KUJ) untuk produk telur, PT SUJ produk sapi, Gapoktan Sari Makmur beras, dan Koperasi Pertanian Metro Sejahtera (KPMS) dengan produk UMKM," ucapnya.

Menurut dia, produk-produk dari empat pelaku usaha ini akan dikirim ke Food Station, Perumda Pasar Jaya (PJ) dan Perumda Dharma Jaya (DJ). Kerja sama ditandatangani oleh Wali Kota Metro dan Gubernur DKI Jakarta.

"Kerja sama ini difasilitasi oleh Bank Indonesia Perwakilan Lampung juga, nantinya akan ada peningkatan kerja sama dimana PT SUJ Metro telah diminta untuk menyediakan stok sapi untuk Perumda DJ pada Idul Adha pada tahun 2023 mendatang," tambahnya.

Kemudian, Koperasi Pertanian Metro Sejahtera diminta untuk menambah jenis varian produk UMKM Kota Metro yang dikirim ke Jakarta dan menyuplai produk UMKM ke gerai-gerai Jakmart.

"Lalu untuk Gapoktan Sari Makmur sebelumnya membeli hasil panen, nanti bisa menjadi kerja sama on farm atau budi daya dan untuk telur pengirimannya nanti akan meningkat," ujar dia.

Menurutnya, dengan penguatan kerja sama antardaerah tersebut, maka banyak masyarakat Kota Metro mendapatkan manfaat. Salah satunya, yaitu produk UMKM kota setempat yang semakin berkembang.

"Tujuan utama kerja sama ini untuk menyejahterakan masyarakat. Tentu ke depan akan kami perkuat supaya semakin banyak masyarakat Metro yang mendapatkan manfaatnya," katanya lagi.