Wakaf air persembahan dari British Propolis untuk warga Jawa Barat

id Dompet Dhuafa, Wakaf air persembahan dari British Propolis untuk warga Jawa Barat

Wakaf air persembahan dari British Propolis untuk warga Jawa Barat

Wakaf air persembahan dari British Propolis untuk warga Jawa Barat. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Kami menyakini bahwa sedekah paling baik adalah sedekah air. Hal ini juga dicontohkan oleh sahabat nabi pada masa itu, pungkas Didah Mahmudahtillah
Bandung (ANTARA) - Selasa, 25 Januari 2022 menjadi momentum besar bagi Dompet Dhuafa Jawa Barat dan British Propolis dalam menyediakan air untuk warga Jawa Barat. 

Pembangunan wakaf air untuk warga Jawa Barat ini dilakukan di empat titik wilayah yang tersebar di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cirebon.

Besar harapan dari adanya program ini adalah masyarakat dapat memenuhi kebutuhan air sehari-hari. 

Permasalahan berkembang ketika kebutuhan air menjadi sesuatu yang esensial untuk dipenuhi. Kebutuhan tersebut belum dapat dipenuhi oleh masyarakat. Sehingga banyak masyarakat setempat yang harus bersusah payah untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. 

Selama ini untuk mendapatkan air masyarakat harus merogoh kocek yang dalam dan juga menempuh jarak yang terbilang jauh. 

Mengetahui permasalahan tersebut maka British Propolis dan Dompet Dhuafa Jabar berinisiatif membangun wakaf sumur serta MCK yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Bumiwangi.

Launching pada pagi hari ini bertempat di Saung Mulud, Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Pada kesempatan tersebut hadir perwakilan dari British Propolis, Dompet Dhuafa, Wakil Bupati, dan tokoh masyarakat. 

"Pemilihan lokasi ini ditentukan karena adanya informasi dari relawan kami akan kebutuhan air bersih dari desa ini. Maka dari itu kami berinisiatif untuk membuat sumur dan MCK gratis untuk masyarakat. Dengan harapan fasilitas umum yang dibangun bisa bermanfaat bagi kurang lebih 100 kepala keluarga dan santri pesantren yang ada disekitar lokasi pembangunan sumur." Tutur Andriansyah selaku pimpinan Dompet Dhuafa Jabar. 

Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi membuka peluang seluas luasnya kepada siapapun yang memiliki kesamaan visi untuk membangun masyarakat. Dalam hal ini Dompet Dhuafa bekerjasama dengan British Propolis menyediakan air bersih untuk masyarakat. 

Mudah mudahan kolaborasi ini dapat memberikan pesan kepada masyarakat bahwa dengan gotong royong kita dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. 

"Kami menyakini bahwa sedekah paling baik adalah sedekah air. Hal ini juga dicontohkan oleh sahabat nabi pada masa itu." pungkas Didah Mahmudahtillah selaku perwakilan dari British Propolis. 

"Terimakasih kami ucapkan pada para donatur British Propolis dan Dompet Dhuafa. Alhamdulillah dengan dibangunnya sumur serta MCK ini masyarakat sangat terbantu. Jika sebelumnya pada musim kemarau kami kesulitan air, maka kesulitan tersebut pada hari ini dapat teratasi. Alhamdulillah MCK dan sumurnya bersih." Ujar Cecep salah satu penerima manfaat program ini.

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.