517 orang pasien Omricon dirawat RSDC Wisma Atlet

id update pasien Omicron,RSDC Wisma Atlet,Wisma Atlet Kemayoran

517 orang pasien Omricon dirawat RSDC Wisma Atlet

Dokumentasi - Foto udara suasana Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Jumat (14/1/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

Asal negara perjalanan (pasien Omicron yang punya riwayat ke luar negeri), yaitu dari Arab Saudi, Turki, Malaysia, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (UAE), dan Inggris, tutur Mintoro

Jakarta (ANTARA) - Total pasien COVID-19 varian baru Omicron yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran per Kamis (20/1) mencapai 517 orang dan 491 di antaranya telah dinyatakan sembuh serta keluar dari rumah sakit.

Dalam pesan tertulisnya saat dihubungi di Jakarta, Kamis, Koordinator Humas RSDC Wisma Atlet Kemayoran Kolonel Kes dr Mintoro Sumego menyampaikan per Kamis tidak ada pasien Omicron baru yang dirawat di RSDC Wisma Atlet.

Walaupun demikian, sejauh ini masih ada 26 pasien COVID-19 Omicron yang dirawat.

Mintoro menyampaikan 60 persen dari total pasien Omicron merupakan mereka yang bergejala ringan, sementara 40 persen sisanya tanpa gejala.

Kemudian, jumlah penderita COVID-19 Omicron yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran masih didominasi oleh pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Jumlah pasien Omicron yang punya riwayat perjalanan luar negeri mencapai 466 orang, sementara pasien yang masuk dalam kategori transmisi/penularan lokal sebanyak 51 orang.

"Asal negara perjalanan (pasien Omicron yang punya riwayat ke luar negeri), yaitu dari Arab Saudi, Turki, Malaysia, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (UAE), dan Inggris," tutur Mintoro.

Terkait itu, RSDC Wisma Atlet telah melakukan sejumlah persiapan untuk mengantisipasi lonjakan kasus akibat penyebaran varian baru COVID-19.

Beberapa persiapan itu di antaranya mempersiapkan dua tower, yaitu Tower 4 dan Tower 7 untuk menampung pasien jika ada lonjakan kasus.