Mesuji raih juara pertama lomba bazar pangan lokal UMKM tingkat Provinsi Lampung

id lampung, mesuji, bazar umkm, umkm, bazar

Mesuji raih juara pertama lomba bazar pangan lokal UMKM tingkat Provinsi Lampung

Bazar Mesuji raih juara pertama lomba bazar pangan lokal UMKM tingkat Provinsi Lampung (ANTARA/HO-Pemkab Mesuji)

Ini membuktikan bahwa produk pangan lokal olahan UMKM kita di Mesuji sangat bisa bersaing dan diterima oleh pasar khususnya di Provinsi Lampung dan produk pangan lokal kita memiliki potensi yang layak dikembangkan, kata Nelly

Bandarlampung (ANTARA) - Kabupaten Mesuji meraih juara pertama atau penampil terbaik pada acara lomba bazar pangan lokal UMKM dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-41 yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Kebun PKK Agropark Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten  Lampung Selatan,

Kabupaten Mesuji menampilkan aneka produk pangan lokal baik segar maupun olahan produk asli Mesuji pada lomba bazar diikuti oleh UMKM sektor pangan dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung itu.

Untuk pangan segar, ditampilkan beras merah dan beras organik dari Koperasi Mesuji Agro Lestari Desa Wonosari, tiwul dan oyek dari KWT Desa Adi Karya Mulya,  sementara buah segar menampilkan jeruk chokun asal Desa Wira Jaya, belimbing organik Mesuji (BOM) yg dibudidayakan di Desa Gedung Mulya, dan kelapa pandan wangi dari daerah kebun buah Desa Wiralaga I.

Untuk pangan olahan, ditampilkan aneka olahan ikan sungai seperti ikan asin gabus, ikan asap, terasi, kerupuk, kemplang, akar kelapa, kue semprong, patin krispi, keripik dan rendang kangkung, serta olahan lainnya dari beberapa kelompok pengolah pemasar (poklahsar) binaan dinas perikanan, dinas koperindag dan dinas ketahanan pangan.

Ketua TP PKK Kabupaten Mesuji Nelly Wati Saply, ketika diwawancarai usai menerima trofi dan piagam penghargaan sebagai penampil terbaik bazar pangan lokal UMKM dari Ketua TP PKK Provinsi Lampung, mengaku bangga dan bersyukur atas capaian ini.

“Ini membuktikan bahwa produk pangan lokal olahan UMKM kita di Mesuji sangat bisa bersaing dan diterima oleh pasar khususnya di Provinsi Lampung dan produk pangan lokal kita memiliki potensi yang layak dikembangkan,” kata Nelly.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji, Gunarso mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja keras seluruh pihak sehingga dapat meraih prestasi ini.

“Terima kasih kepada para gapoktan, KWT, pelaku UMKM, dan perangkat daerah terkait dan tidak terlepas dari pembinaan TP PKK Kabupaten Mesuji. Semoga ini bisa menjadi penyemangat para pelaku UMKM di Mesuji untuk terus meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi olahan pangan,” jelas Gunarso.