Ini dia empat manfaat yang bisa didapat dengan memiliki keterampilan digital

id keterampilan digitalisasi,webinar,indonesia makin cakap,kapuas,kalteng

Ini dia empat manfaat yang bisa didapat dengan memiliki keterampilan digital

Gambar tangkapan layar Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kapuas, Selasa (19/10/2021).ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

Palangka Raya (ANTARA) - Di era digital seperti saat ini masyarakat perlu mengetahui, mempelajari serta mengasah kemampuan digital atau digital skills yang dimiliki.

Keterampilan digital terbagi menjadi dua, yakni 'hard skill' dan 'soft skill' kata narasumber Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kapuas, Kalimantan Tengah, Indira Salsabilla Ayuwibowo, Selasa.

"Jika kita memiliki keterampilan digital yang memadai, setidaknya ada empat manfaat yang bisa didapat," katanya yang merupakan seorang pembicara publik tersebut.

Manfaat yang pertama adalah dapat menjadi seorang ahli atau pakar, sehingga bisa menjadi pembicara pada banyak kesempatan sekaligus menambah ilmu maupun pengalaman.

Kedua, bisa berkompetisi di dunia atau ruang digital, baik dalam usaha maupun pekerjaan. Ketiga, yakni mendapatkan banyak peluang pendapatan karena banyak orang tertarik pada kemampuan yang dimiliki.

"Keempat adalah bisa menyuarakan pendapat, tentunya secara positif, aman serta kreatif sesuai etika," jelas dia.

Dijelaskannya cara tepat menyuarakan pendapat di dunia digital yakni menghindari opini provokatif, mengetahui isu secara rinci dan jelas, memikirkan kembali pendapat yang dimiliki, serta bersikap sopan dan santun.

Lebih lanjut ia memaparkan, keterampilan yang harus dimiliki di masa digital ini, diantaranya seperti mencari informasi dan literasi data, komunikasi dan kolaborasi, kemampuan konten digital, mengambil dan mengedit gambar melalui gawai, kemampuan memecahkan dan mengatasi persoalan secara teknis, hingga terkait keamanan pada ruang digital.

Kemudian Salsabilla mengatakan, jika seseorang memiliki berbagai keterampilan digital dimaksud, maka hendaknya dapat memanfaatkannya dengan baik dengan melihat berbagai peluang yang tersedia.

Salah satu contohnya adalah bisnis daring atau online yang memiliki banyak keuntungan, seperti kemampuan menjangkau pasar yang luas, tidak harus ada di lokasi, memangkas biaya, hingga potensi pendapatan yang tidak terbatas.

Masyarakat diharapkan bisa terus mengasah keterampilan digital yang dimiliki, sehingga bisa mendapatkan banyak manfaat. Salah satu cara meningkatkannya, yakni dengan mengoptimalkan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital.