Asrama Haji Sudiang mulai tampung pasien COVID-19 dari Kapal Apung Makassar

id Asrama Haji Sudiang, RS Labuang Baji

Asrama Haji Sudiang mulai tampung pasien COVID-19 dari Kapal Apung Makassar

Lokasi layanan FIT di Asrama Haji Sudiang Makassar. ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel

Makassar (ANTARA) - Fasilitasi Isolasi Terintegrasi (FIT) 1 milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, yakni Asrama Haji Sudiang Makassar, mulai menampung pasien COVID-19 dari Kapal Apung Makassar yang tidak lagi difungsikan untuk layanan isolasi pasien COVID-19.

"Sampai sejauh ini yang masuk ke FIT hari ini baru ada satu orang," kata Koordinator Rumah Sakit Lapangan Labuang Baji (sementara ditempatkan di Asrama Haji) Andi Nur Inayah di Makassar, Jumat.

Ia mengaku sempat mempertanyakan keberadaan pasien lainnya, namun informasi yang diperoleh mereka dikembalikan ke puskesmas masing-masing sesuai alamat domisili.

"Jadi kalau misalnya pihak Pemkot Makassar mengirim ke FIT itu, kami tentu terima dan hari ini ada satu orang yang masuk dari kapal apung," kata dia.

Berdasarkan data, Asrama Haji tersisa melayani 20 pasien COVID-19 tanpa gejala dari 150 tempat tidur yang disiapkan.

Secara keseluruhan, sejak diluncurkan, Asrama Haji telah menampung sekitar 300 orang, 10 orang di antaranya telah dipindahkan ke Rumah Sakit Induk atau RS Labuang Baji.

Terkait dengan keberlangsungan penggunaan Asrama Haji sebagai tempat isolasi pasien COVID-19, Inayah mengatakan belum lagi mendapat instruksi dari Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.