Ratusan masyarakat di Jabodetabek rasakan manfaat Cirisis Center Dompet Dhuafa

id Dompet Dhuafa, Crisis Center Dompet Dhuafa, manfaat crisis center dompet dhuafa

Ratusan masyarakat di Jabodetabek rasakan manfaat Cirisis Center Dompet Dhuafa

Ratusan masyarakat di Jabodetabek rasakan manfaat Cirisis Center Dompet Dhuafa/foto Dompet Dhuafa

Tanggerang (ANTARA) - Di tengah kasus COVID-19 yang terus menjadi momok bagi masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek. Selama masa pandemi COVID-19 ini, banyak masyarakat yang terpapar COVID-19 mengalami kesulitan dalam mengakses fasiltas maupun layanan kesehatan. Bak oase di tengah gurun pasir, Dompet Dhuafa hadir untuk masyarakat dengan layanan Crisis Center sebagai bagian respons cepat untuk akses masyarakat yang terpapar, bahkan Dompet Dhuafa turut mendistribusikan paket pangan dalam program Food For Dhuafa.

Dari data yang diupdate per 30 Juli 2021 Crisis Center Dompet Dhuafa dengan layanan kesehatan telah melayani pemberian paket nutrisi bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di wilayah Jabodetabek sebanyak 150 penerima manfaat, yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota dengan mencakup 3 Provinsi. 

Sebaran paket isoman terbanyak yakni Depok dengan 44 penerima manfaat, posisi kedua diikuti Kota Tangerang dengan 20 penerima manfaat dan urutan ketiga yakni Kota Bekasi dengan 18 penerima manfaat.

Selain itu, hingga hari ini (Senin, 2/08/2021) Dompet Dhuafa merespon dengan layanan ambulans yang dimiliki,  dengan total 61 penerima manfaat mencakup 13 Kota maupun Kabupaten di 3 Provinsi yang terlayani. Di sisi lain Dompet Dhuafa memberikan layanan isoman dan gizi, layanan yang diberikan dengan cara berkunjung ke masyarakat yang menjalani isoman dan memberikan layanan pengecekan kesehatan atas rekomendasi Ketua RT maupun RW setempat. 

"Selain pengecekan, tim memberikan asupan gizi dari hadirnya Dapur Umum di 5 titik di Jabodetabek. Layanan isoman dan paket gizi telah membantu 175 penerima manfaat di 12 kota maupun kabupaten dengan mencakup 3 provinsi,” ujar dr. Yeni Purnamasari, MKM., selaku General Manager Kesehatan Dompet Dhuafa.

Dukungan Dompet Dhuafa selama 24 jam bagi masyarakat ditengah pandemi COVID-19 maupun saat diberlakukan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), menyiapkan 8 Rumah Sakit, RS Lapangan COVID-19 dan RS Kontainer, relawan penyemprotan desinfektan, saluran siaga (Hotline: 0811-1617-101 ) COVID-19, 30 Unit Ambulans, dokumen protokol pencegahan COVID-19, 21 Klinik, relawan kesehatan khusus COVID-19, lebih dari 15.000 orang relawan beragam bidang, relawan dukungan psikososial religi hingga 5 unit ambulans jenazah.

Berbagai aktifitas layanan Crisis Center Dompet Dhuafa untuk COVID-19 dari data per (1-2 Agustus 2021), dengan mendistribusikan 5.199 paket sembako Food For Dhuafa, 34 titik penyemprotan disinfektan, 31 layanan ambulans COVID-19, 56 layanan pemulasaran jenazah COVID-19. 

Dompet Dhuafa juga membuka sentra vaksinasi di Jakarta dan Depok sebanyak 14.643 peserta dari 14.643 unit vaksin COVID-19 yang tersedia.

Mendistribusikan 160 paket makanan siap saji untuk masyarakat isoman, 12 layanan pendampingan isoman, 3 unit RS Lapangan di Jakarta dan Depok, 637 paket isoman medis (obat), 11.864 paket makanan dari dapur umum, 394 konsultasi kesehatan COVID-19, 72 tabung layanan oksigen, 91 testing COVID-19 dengan 78 antigen dan 13 PCR. Hingga kami sudah memberikan 27 layanan untuk PFA dan Religi.

Sementara untuk layanan Food For Dhuafa telah mendistribusikan 130 Ton beras mencakup wilayah Jabodetabek,  Sukabumi dan Banten, dengan sasaran pondok pesantren, panti asuhan hingga komunitas masyarakat yang terdampak pandemi.

dr. Yeni Purnamasari, MKM, menambahkan, “Kami terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat terutama bagi mereka yang terpapar COVID-19. Seperti aksi kami untuk memberikan pendampingan masyarakat yang menjalani isoman di Tangerang Selatan dan Jakarta,"

"Sebanyak 569 pasien sudah kami lakukan pendampingan bekerja sama dengan satgas dan Puskesmas setempat. Untuk layanan LKC Jakarta sudah melakukan pendampingan di 5 Kelurahan dengan mencakup 2 Kecamatan. Seperti di Kecamatan Kramat Jati mencakup Kramat Jati, Tengah, Batu Ampar dan Bale Kambang, sementara di Kecamatan Pasar Rebo mencakup Kelurahan Kalisari. Untuk pendampingan pasien isoman di Jakarta bekerjasama dengan Puskesmas  Kecamatan Kramat Jati," ujarnya. 

“Adanya aksi layanan Crisis Center, Dompet Dhuafa turut mendistribusikan obat dan pemantauan masyarakat yang sedang isoman sebanyak 190 penerima manfaat di 12 Kota maupun Kabupaten dengan cakupan 3 Provinsi. Dompet Dhuafa juga aktif dalam mendukung pendistribusian oksigen bagi masyarakat yang terpapar COVID-19, sebanyak 252 penerima manfaat untuk kebutuhan oksigen isoman di rumah. Layanan oksigen ini turut distribusikan ke 3 Rumah Sakit, dengan cakupan 13 Kota maupun Kabupaten di 3 Provinsi”, pungkas dr. Yeni Purnamasari, MKM.

Mari, kita bersama kuatkan kolaborasi untuk aksi-aksi kemanusian bagi sesama. Di tengah terpaan badai pandemi COVID-19 kali ini, saatnya salurkan bantuan terbaik Anda melalui rekening 237.300.4723 (BCA) dan 7.000.523.757 (Bank Syariah Indonesia/Mandiri Syariah). 

Seberapapun bantuan kita, saat kolaborasi dan kebersamaan menjadi landasannya, tentu akan membantu percepatan penanganan pandemi Covid-19 di negeri ini.

Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR (INF).
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021