Bupati Pringsewu terima kunjungan Ombudsman RI

id lampung, pringsewu

Bupati Pringsewu terima kunjungan Ombudsman RI

Bupati pringsewu terima kunjungan Ombudsman RI diruang kerjanya (Antaralampung/Doc Pemkab Pringsewu)

Sebelumnya, Pringsewu mendapat nilai merah, namun atas bimbingan dan kerja sama dengan Ombudsman RI,  alhamdulilah Pringsewu dapat berbenah untuk memperbaiki kualitas pelayanannya, sehingga bisa mendapat nilai hijau, katanya

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Pringsewu Sujadi menerima kunjungan Ombudsman RI, Kamis (3/6), dalam rangka penguatan penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Pringsewu.

Bupati mengatakan, kunjungan Ombudsman RI ke Kabupaten Pringsewu di tengah keterbatasan akibat pandemi COVID-19 menjadi energi positif dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Oleh karena itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Ombudsman atas kerja samanya selama ini dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Pringsewu.

“Sebelumnya, Pringsewu mendapat nilai merah, namun atas bimbingan dan kerja sama dengan Ombudsman RI,  alhamdulilah Pringsewu dapat berbenah untuk memperbaiki kualitas pelayanannya, sehingga bisa mendapat nilai hijau. Setelah kedatangan Pak Dadan (anggota Ombudsman RI), mudah-mudahan dari yang hijau bisa menjadi hijau pekat,” kata Sujadi.

Baca juga: Bupati Mesuji tandatangani MoU tentang ODF dengan 12 desa

Anggota Ombudsman RI Dadan Suparjo Suharmawijaya mengatakan, tujuan Ombudsman RI berkunjung dan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam rangka memperbaiki kualitas pelayanan publik yang sudah ada.

Menurut Dadan, ada dua faktor penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik ini, yakni Sumber Daya Manusia (SDM) dan sistem, SDM harus senantiasa diperbaharui, sedangkan sistem juga harus selalu dibangun.

Dikatakannya bahwa pengelolaan pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik selama ini masih dianggap sebagai atribut.

Baca juga: Bupati Lampung Barat lantik 63 kepala sekolah

“Padahal pengelolaan pengaduan masyarakat itu, sebetulnya merupakan roh dari pelayanan publik itu sendiri. Karena itu, mari kita olah sebaik-baiknya setiap aduan dari masyarakat terkait pelayanan yang diterimanya, dengan memperbaiki kualitas pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Lampung Nurrohman Yusuf mengatakan kunjungan ke Pemkab Pringsewu merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Ombudsman untuk melihat secara langsung sejauh mana efektivitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, yang sebelumnya telah bertemu dengan masyarakat.

“Ketika masyarakat tidak mendapatkan pelayanan yang baik, kemana dan bagaimana mereka harus melapor,” ujarnya.

Baca juga: Bupati Lampung Tengah hadiri silahturahmi dengan Kwarcab Pramuka

Dalam melaksanakan pelayanan publik, kata Nurrohman, pemerintah daerah juga harus terukur, bagaimana kemampuan dalam memberikan pelayanan tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Pringsewu atas penerimaan dan sambutannya yang begitu lengkap, ada bupati dan wakil bupati, sekda, inspektur dan lainnya. Semoga ke depan kerja sama yang baik ini bisa lebih ditingkatkan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik,” harapnya.

 

Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar