Pemkab Pringsewu gelar rapat sikapi dampak COVID-19 bagi UMKM

id Lampung, pringsewu, virus corona

Pemkab Pringsewu gelar rapat sikapi dampak COVID-19 bagi UMKM

Wakil Bupati Pringsewu menggelar rapat tentang dampak COVID-19 bagi UMKM (Foto : Antaralampung/doc Pemkab Pringsewu)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung menggelar rapat untuk membahas dampak COVID-19 bagi UMKM.

"Pandemi COVID-19 mengakibatkan berbagai sektor kehidupan masyarakat Pringsewu ikut terdampak. Bahkan, dampak pandemi ini mengakibatkan kerugian ekonomi bagi para pengusaha, pelaku UMKM hingga petani," kata Wakil Bupati Pringsewu, Fauzi, di Pringsewu, Selasa.

Menurutnya, pandemi COVID-19 berdampak bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pringsewu. Salah satu dampaknya adalah ditundanya event besar diantaranya MTQ Tingkat Provinsi Lampung ke-48 Tahun 2020 yang sejatinya sudah dipersiapkan secara matang, termasuk dampak bagi UMKM yang turut dalam pelaksanaan event tersebut. Begitupun bidang pertanian dan perikanan yang juga mengalami kerugian. 

Selan itu, Fauzi mengajak kebersamaannya bagaimana upaya membantu UMKM, petani dan lainnya agar dapat bertahan dalam masa pandemi karena diyakini masing-masing pihak memiliki potensi dan jaringan. Ia berharap segenap potensi masyarakat seperti penggiat media sosial dapat mengambil peran karena hal tersebut tidak mungkin dapat dipecahkan sendiri oleh pemda. Terlebih saat ini adalah era kerjasama dalam sebuah tim.

"Semoga rapat ini bisa menghasilkan yang positif, dan memecahkan persoalan tentang dampak pandemi COVID-19," jelasnya

Salah satu peserta rapat, Dwi Oktarini dari grup media sosial Wisata Kuliner Pringsewu menyatakan pihaknya berharap dapat berkolaborasi dengan Pemkab Pringsewu sesuai kapasitasnya. Terlebih, dari 51 ribu anggotanya sudah banyak yang berkembang di bidang kuliner