Januari 2020, penderita DBD Lampung Tengah capai 62 orang

id DBD

Januari 2020, penderita DBD Lampung Tengah capai 62 orang

Ilustrasi DBD. (Ist)

Lampung Tengah (ANTARA) - Dinas Kesehatan Lampung Tengah mencatat pada bulan Januari 2020 ini sebanyak 62 orang warga di kabupaten tersebut positif terjangkit penyakit demam berdarah dengue (DBD). 

"Awal Januari sampai sekarang tercatat sudah 62 warga yang positif DBD," kata Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah, dr. Otniel, Selasa. 

Dikatakannya, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti tersebut juga sudah menyebabkan tiga orang warga meninggal dunia. 

"Yang di Komering Agung ada dua warga yang meninggal. Kalau untuk penetapan status KLB secara keseluruhan masih belum. Hanya di wilayah yang sebelumnya tidak ada laporan penyakit DBD terus meningkat 100 persen," katanya lagi. 

Pihaknya mengaku sudah melakukan pengecekan dan fogging di lingkungan rumah warga meninggal. Dinkes juga bekerjasama dengan kepala kampung dan kecamatan.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta melakukan pencegahan dengan gerakan 3M plus. 

"Lakukan 3M plus. Kemudian lakukan pencegahan seperti menggunakan abate, lotion anti nyamuk atau kelambu supaya kita tidak tergigit nyamuk," tutupnya.
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar