Sebanyak 3.464.843 anak terlibat peringati Hari Anak Internasional

id Deputi Menteri PPPA,Lenny N Rosalin,Hari Anak Internasional

Sebanyak 3.464.843 anak terlibat peringati Hari Anak Internasional

Peringati Hari Anak Internasional (Antaralampung.com/Istimewa)

Bandarlampung (ANTARA) - Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak, Lenny N Rosalin mengatakan hari ini ada sebanyak 3.464.843 anak-anak di 27.819 sekolah di seluruh dunia terlibat dalam kegiatan Outdoor Classroom Day (OCDay) peringati Hari Anak Internasional.

"927.395 adalah partisipan anak-anak di seluruh Indonesia yang mewakili 3.907 sekolah/madrasah di Indonesia. Mereka semua merayakan kegembiraan belajar di luar kelas pada 7 November 2019 dan sekitar satu juta anak ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini yang berasal lebih dari 10 ribu satuan pendidikan di seluruh pelosok tanah air," katanya di Pringsewu, Lampung, Kamis.

Dia melanjutkan pelaksanaan OCDay melalui Sekolah Ramah Anak (SRA) merupakan salah satu upaya memenuhi hak anak dan melindungi mereka dari berbagai kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi.

Baca juga: Kemen PPPA peringati Hari Anak Internasional di Pringsewu

“Salah satu indikator terbentuknya SRA adalah kegiatan belajar di luar kelas. SRA membantu mewujudkan kondisi aman, nyaman, serta menyenangkan selama anak di sekolah," kata dia.

Dia menambahkan Indonesia telah memulai OCDay sejak tahun 2017, yang diawali dengan kerjasama antara Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak dengan Ketua OCDay Global yang berpusat di London. Pada saat pertama kali berpartisipasi, Indonesia menjadi kategori terbaik kedua setelah Inggris.

"Hal ini tercapai karena jumlah sekolah yang mengikuti dan melaksanakan OCDay di Indonesia semarak dengan berbagai tema. Di tahun 2018, Indonesia berpartisipasi kembali dengan jumlah SRA sebanyak 11.097 di 236 kabupaten/kota di 34 provinsi yang diikutsertakan," kata dia lagi.

Baca juga: Jangan sembarangan beri gadget kepada anak