Budiman Sudjatmiko: Tantangan anak muda saat ini jadi konservatif atau maju

id Kemah budaya kaum muda, revolusi industri 4.0, budiman sudjatmiko,Tantangan konservatif

Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia Budiman Sujatmiko (Antara/Aubrey Fanani)

Yogyakarta (ANTARA) - Politikus PDI Perjuangan yang juga Ketua Umum Budiman Inovator 4.0 Indonesia Sudjatmiko menyebut tantangan anak muda saat ini adalah memilih kembali ke konservatisme atau maju ke arah revolusi 4.0.

Hal ini dikatakan Budiman saat ditemui di sela-sela Kemah Budaya yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Selasa.

"Keadaan sekarang ini kan transisional, tawarannya mah ke masa lalu yang jauh atau ke masa depan yang jauh. Itu saja,” ucap Budiman.

Menurut dia, bibit konservatisme yang terjadi belakangan ini pun imbas dari kegagalan sebagian pihak menghadapi modernitas tadi.

"Ini muncul di kelas menengah yang submisif dan kerja di perusahaan mapan, nurut ke atasan, tapi kemudian atasan yang mereka kagumi kalah dengan karya-karya saat ini,” ucap Budiman.

Hal ini membuktikan kalau belakangan, ide-ide imajinatif yang muncul lewat start up bisa mengalahkan perusahaan lama yang berkembang lewat pengalaman.

Jeleknya, yang merasa berpengalaman kerap menolak ide-ide imajinatif yang mencoba berpikir di luar kotak.

“Ketika atasan yang mereka kagumi tumbang oleh bocah-bocah imajinatif, mereka mencari pegangan lain yang vertikal,” ucap dia.

Buruknya, karena tidak biasa berimajinasi, maka mereka jatuh ke halusinasi dan delusional. “Imajinasi dan delusi ini beda. Delusi ini enggak ada dasarnya. Jadi enggak logis,” ucap dia.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar