TNI bantu bangun rumah warga di Sarmi Papua

id TNI, Papua

TNI bantu bangun rumah warga di Sarmi Papua

Prajurit TNI di Papua aktif membantu masyarakat (papua.antaranews.com)

Terima kasih kepada bapak-bapak tentara yang mau datang dan membantu kami para warga, walaupun kami tidak meminta. Semoga kerja sama antara TNI dan asyarakat dapat terus terjalin dengan baik
Jayapura (Antara Lampung) - Prajurit TNI Koramil 1712-01/Sarmi,  membantu membangun rumah warga di Kampung Sawar Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua.
        
"Kegiatan karya bhakti ini satu wujud sarana komunikasi sosial untuk lebih dekat dengan masyarakat, sehingga keberadaan TNI semakin  dirasakan warga di sini," kata Kapten Inf Ibnu ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Senin.
        
Luas rumah yang dibangun 10x10 meter di atas lahan 15x30 meter, dikerjakan enam personel TNI dan dibantu warga setempat, katanya.
        
Ia menjelaskan kegiatan karya bhakti ini juga untuk membangkitkan kembali semangat gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
        
"Semangat gotong royong satu warisan budaya dari leluhur yang harus dipertahakan, untuk itu kita kembali bangkitkan  melalui karya bhakti," katanya.
         
Ia mengatakan budaya gotong royong harus tetap kita jaga sebagai jati diri bangsa Indonesia dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta menjalin kebersamaan yang kokoh agar terwujud ketahanan wilayah.
        
Sebagai seorang prajurit TNI, lanjut dia tak hanya fokus dan setia dalam dinas kemiliteran sesuai Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, tetapi juga harus selalu sigap dan tanggap atas kesulitan dan kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat.
        
"Jadi, tidak hanya membantu pembangunan tempat-tempat ibadah, karya bhakti dan pendampingan juga di sektor pertanian dilakukan anggota TNI dari seluruh satuan kewilayahan Kodam XVII/Cenderawasih," katanya.
        
Tetapi pendekatan secara fisik dan non fisik juga secara terus menerus dilakukan demi terciptanya situasi keamanan yang lebih kondusif serta demi tercapainya kemajuan pembangunan di wilayah Papua, termasuk membantu membangun rumah warga, kata Ibnu.


Sementara itu, Sefa selaku pemilik rumah merasa sangat bangga, senang dan bersyukur atas bantuan yang telah diberikan oleh prajurit TNI dari Koramil Sarmi.
        
"Saya tidak pernah meminta untuk dibantu dalam membangun rumahnya, akan tetapi para tentara dari Koramil langsung datang dan membantu," katanya.
        
"Terima kasih kepada bapak-bapak tentara yang mau datang dan membantu kami para warga, walaupun kami tidak meminta. Semoga kerja sama antara TNI dan masyarakat dapat terus terjalin dengan baik," katanya.

ANTARA