PHE OSES terangi muara sungai di Karya Tani dengan lampu panel surya

id PHE OSES, PHE, Lampu Panel Surya,Desa Karya Tani

PHE OSES terangi muara sungai di Karya Tani dengan lampu panel surya

Lampu panel surya pemberian PHE OSES kepada masyarakat Desa Karya Tani, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur. ANTARA/PHE OSES

Dukungan dari masyarakat di sekitar wilayah kerja PHE OSES sangat berarti untuk kelancaran operasional kami dalam memproduksi minyak dan gas bumi sebagai penggerak kehidupan.
Labuhan Maringgai (ANTARA) - Desa Karya Tani di Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, memiliki potensi untuk pemanfaatan energi tenaga surya yang terbarukan.

Melihat peluang ini, dan untuk memenuhi kebutuhan lampu penerangan bagi warga desa, PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) melakukan pemasangan lima unit lampu panel surya di muara sungai tempat nelayan menambatkan kapal di desa  setempat, Selasa (16/7). 

Sebelumnya PHE OSES juga telah melakukan pemasangan lampu penerangan berkapasitas yang sama, yaitu 60 Watt per titik, di Desa Muara Gading Mas dan Desa Margasari pada tahun 2023. Sehingga total pemasangan lampu panel surya di Kecamatan Labuhan Maringgai sebanyak 18 buah.  

Lampu panel surya ini berfungsi untuk membantu penerangan di sekitar pesisir pantai, yang merupakan lokasi penting kegiatan warga setempat, khususnya aktivitas tambat dan hilir mudik kapal nelayan.

Keberadaan lampu panel surya yang ramah lingkungan tidak saja membantu mengurangi ketergantungan pada energi fosil, namun memberikan solusi langsung atas kendala kurangnya penerangan di daerah yang belum terjangkau listrik secara optimal.

Kusmono, Manager Health, Safety, Security and Environment (HSSE) PHE OSES menyampaikan bahwa kontribusi ini merupakan bagian dari program Integrated Community-Based Security atau ICBS dengan melibatkan masyarakat di pesisir Desa Karya Tani. 

“Dukungan dari masyarakat di sekitar wilayah kerja PHE OSES sangat berarti untuk kelancaran operasional kami dalam memproduksi minyak dan gas bumi sebagai penggerak kehidupan,” ujar Kusmono.

Kepala Desa Karya Tani H. Nuryadi menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh PHE OSES kepada masyarakat, “Bantuan penerangan lampu panel surya ini sangat membantu nelayan kami untuk bongkar muat hasil tangkapan, dan meningkatkan keamanan di muara tempat kapal berlabuh," katanya lagi.

Program ICBS merupakan wujud komitmen PHE OSES dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar serta mendukung keberlanjutan lingkungan.

 “Dengan lampu panel surya ini, kami mengharapkan warga da[at merasakan manfaat langsung penerangan yang lebih baik dan efisien di wilayah pesisir pantai. Tak hanya itu, program ini merupakan bentuk langkah awal dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDG’s) poin 7 yakni energi yang bersih dan terjangkau,” kata Kusmono pula.

Program ICBS dibentuk sebagai upaya perusahaan dalam membina hubungan yang selaras dengan masyarakat di sekitar wilayah operasi, melalui program terpadu dan berkelanjutan. Selain pemberian bantuan lampu panel surya, koordinasi dan komunikasi melalui sosialisasi rutin dilakukan fungsi security kepada masyarakat, termasuk sosialisasi pentingnya keamanan objek vital nasional.

Informasi Umum

Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang bergerak di bidang usaha hulu minyak dan gas bumi. Regional Jawa bertugas mengoordinir wilayah operasional di bawah pengelolaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas meliputi PHE ONWJ, PHE OSES dan Pertamina EP Jawa Barat. Area Kerja Regional Jawa mencakup Provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Bangka Belitung, dan Jawa Barat.

Regional Jawa terus berupaya meningkatkan angka produksi minyak dan gas bumi yang telah ditetapkan dalam rencana kerja, dengan senantiasa menerapkan Good Corporate Governance (GCG) dan aspek Health, Security, Safety and Environment (HSSE) di setiap lini. Regional Jawa memegang teguh komitmen untuk menjaga prospek bisnis yang berkelanjutan dengan memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian lingkungan serta berkontribusi dalam terwujudnya kemandirian masyarakat.
Baca juga: Berdayakan masyarakat Kepulauan Seribu, Direktur Regional Jawa dan GM PHE OSES kunjungi mitra binaan
Baca juga: PHE OSES jalankan konservasi penyu sisik melalui program Tiga Perisai