Pesisir Barat minta pemerintah pusat bangun dermaga nelayan

id Pesisir Barat ,Nelayan butuh dermaga ,Dinas perikanan

Pesisir Barat minta pemerintah pusat bangun dermaga nelayan

Suasana para perahu nelayan yang masih berantakan karena belum mempunyai dermaga atau pelabuhan tersendiri. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Pesisir Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, meminta kepada Pemerintah Pusat dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk membangun dermaga khusus nelayan di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat Armen Qodar, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Jumat, mengatakan para nelayan saat ini sangat membutuhkan adanya dermaga untuk mempermudah perahu atau kapal bersandar.

"Iya harapan kita karena salah satu indikasi perikanan tangkap itu di suatu daerah agar maju dan berkembang kita harus mempunyai dermaga," kata dia.

Ia mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan persyaratan dan langkah-langkah yang diberikan oleh KKP untuk permohonan pembangunan dermaga di wilayah ini.

"Kita sudah menyiapkan tempat untuk calon pembangunan pelabuhan dermaga, sementara titik tempat kita ada dua calon pelabuhan yang sudah masuk di  rencana induk pelabuhan oleh kementerian KKP," katanya.

Menurut dia, supaya dibuatkan pelabuhan kecil saja agar kapal-kapal yang mencari ikan di sekitaran wilayah Pesisir Barat, bisa membongkar hasil tangkapan ikannya di dermaga tersebut.

"Pelabuhan kan ada beberapa tipe, yang kecil saja pelabuhan pantai gitu. Jadi nanti ada kapal-kapal yang mencari ikan di daerah Pesisir Barat, ini mungkin baik dari Bengkulu, Padang, Banten, bahkan dari Jakarta, itu bisa bersandar dan membongkar ikan di sini jadi kehidupan perekonomian di wilayah Pesisir Barat akan bagus dan meningkat," ujarnya.

Dengan adanya pelabuhan itu, kata dia, maka akan banyak investor yang datang ke Kabupaten Pesisir Barat.

"Artinya kan kita menunggu berharap untuk dibangun pelabuhan kan ada empat tipe artinya kita dibangun tipe terkecil saja sudah bersyukur, kan kalau ada pelabuhan suasana perikanan itu akan hidup di situ ada pelelangan, pengolahan, pabrik es, market pasar, serta mungkin nanti kalau sudah ada pelabuhan, ada yang berinvestasi entah pembangunan, tempat pembekuan ikan atau cold storage, dan lain-lain," ujar dia.

Menurut dia, apabila sudah ada pelabuhan khusus nelayan akan diadakan tempat pelelangan ikan. Karena selama ini di wilayah Pesisir Barat belum ada tempat pelelangan ikan.