BMKG Lampung prakirakan besok cuaca berpotensi hujan disertai angin kencang

id Prakiraan cuaca Lampung, BMKG Lampung, pemilu 2024

BMKG Lampung prakirakan besok cuaca berpotensi hujan disertai angin kencang

Ilustrasi- Situasi Kota Bandarlampung saat hujan di malam menjelang pelaksanaan pemilihan umum 2024. Bandarlampung, Selasa (13/2/2024). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung memprakirakan pada saat pemilihan umum (Pemilu) 2024 cuaca berpotensi hujan disertai angin kencang di beberapa wilayah daerah itu.
 
"Berdasarkan pantauan citra satelit distribusi awan konvektif signifikan terdapat di wilayah Lampung bagian barat, tengah, utara, selatan, dan timur. Dan adanya suhu muka laut dengan anomali plus 0,5 celcius-plus 1,5 celcius dapat meningkatkan potensi penguapan di Lampung bagian barat, timur, dan selatan," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Harianto saat dihubungi di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan, pada 14 Februari 2024, tepatnya saat pelaksanaan pemilihan umum, ada beberapa wilayah yang berpotensi mengalami hujan disertai petir dan angin kencang.
 
"Beberapa daerah yang berpotensi hujan disertai petir dan angin kencang di sore serta malam hari adalah Kabupaten Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus, Lampung Tengah, dan Pringsewu.
 
Kemudian Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan, Lampung Timur, Kota Metro, Bandarlampung, Waykanan, Lampung Utara, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, dan Mesuji.
 
"Sedangkan untuk wilayah Lampung Tengah, Lampung Selatan, Bandarlampung, Pesawaran, Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Timur potensi hujan lebat akan terjadi pada dini hari," katanya.

Menurut dia, secara umum dalam tiga hari ke depan wilayah Lampung diprakirakan cerah berawan, dan berpotensi hujan ringan hingga lebat pada sore hari, malam hari dan dini hari.
 
"Untuk kecepatan angin kecepatan 5-20 knot yang di dominasi dari arah barat daya hingga barat. Dan ada perlambatan kecepatan angin, belokan angin, dan daerah pertemuan angin d Lampung khususnya Kabupaten Lampung Barat, Lampung Tengah dan Lampung Selatan. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa daerah tersebut," ucapnya.
 
Dia melanjutkan, untuk prakiraan cuaca di 15 Februari 2024 potensi hujan disertai petir dan angin kencang pada sore serta malam hari masih akan terjadi di Kabupaten Waykanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, Kota Bandarlampung, Metro, Lampung Timur.
 
Selanjutnya di Kabupaten Lampung Selatan, Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat. Sedangkan hujan pada malam hari akan terjadi di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Utara, Waykanan, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Pesawaran.