Piala Asia: Kalahkan Suriah 1-0, Australia lolos ke 16 besar

id piala asia 2023,australia,suriah

Piala Asia: Kalahkan Suriah 1-0, Australia lolos ke 16 besar

Gelandang Australia Jackson Irvine (kiri) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Suriah pada pertandingan Grup B Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Kamis (18/1/2024). (ANTARA/AFP/HECTOR RETAMAL)

'Socceroos' yang dilatih Graham Arnold berhasil melaju ke 16 besar dengan sisa satu pertandingan fase grup

Jakarta (ANTARA) - Australia menyusul tuan rumah dan juara bertahan Qatar lolos ke 16 besar Piala Asia 2023, setelah menundukkan Suriah dengan skor 1-0 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, pada Kamis.

Jackson Irvine mencetak gol semata wayang pada menit ke-60 dengan gol keduanya di turnamen ini, saat ia melesat ke kotak penalti sebelum menggulirkan bola ke sela-sela kaki kiper Ahmad Madanieh.

Socceroos yang dilatih Graham Arnold berhasil melaju ke 16 besar dengan sisa satu pertandingan fase grup. Namun mereka akan perlu tampil lebih baik jika ingin menjadi juara Asia untuk kedua kalinya.India akan bermain melawan Uzbekistan di grup yang sama pada laga yang digelar lebih larut.

Suriah hampir membuka keunggulan pada menit kelima, ketika sepakan Pablo Sabbag mengenai tiang gawang Australia. Sabbag kemudian mendapat luka pada wajahnya akibat berduel dengan Aiden O’Neill, atas pelanggaran itu sang gelandang Australia mendapat kartu kuning.

Namun perlahan-lahan Australia mulai mengendalikan permainan. Bahkan sepuluh menit sebelum turun minum, Australia hampir membuka keunggulan dari situasi tendangan sudut. Bek Gethin Jones memenangi duel udara dan sayangnya Jackson Irvine gagal menjangkau bola di tiang jauh.

Pelatih Australia Arnold lantas melakukan tiga pergantian pemain pada menit ke-57, dengan memasukkan Riley McGree, Samuel Silvera, dan Keanu Baccus. Upaya tersebut lantas menuai hasil ketika mereka memecah kebuntuan melalui Irvine.

Australia meneruskan dominasinya pada sisa pertandingan. Namun mereka hampir kemasukan pada menit ke-67, saat kiper Maty Ryan harus melakukan penyelamatan penting sebelum bola melewati garis gawang.

Pertandingan-pertandingan putaran terakhir Grup B akan dimainkan pada Selasa (23/1) mendatang. Australia akan bertemu Uzbekistan, dan India berhadapan dengan Suriah.