Tekan inflasi, Disperindag Lampung gelar pasar murah di Kota Metro

id Pasarmurah,pasar murah metro

Tekan inflasi, Disperindag Lampung gelar pasar murah di Kota Metro

Antusiasme masyarakat membeli bahan pokok di pasar murah yang dilaksanakan Disperindag Lampung. ANTARA/Hendra Kurniawan

Harapannya, kegiatan pasar murah ini dapat mengurangi inflasi. Apalagi Metro ini menjadi perhatian pemprov.
Metro (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung bekerjasama dengan Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Metro dan PT Wahana Raharja melaksanakan pasar murah di Pasar Kopindo, Kota Metro, Selasa, untuk menekan harga bahan pokok.

Dalam pasar murah ini, empat bahan pokok yang dijual di bawah harga eceran tertinggi (HET) yang disubsidi Pemprov Lampung yaitu beras
Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), gula pasir, cabai merah, dan minyak goreng.

Masyarakat dapat membeli beras SPHP dengan harga Rp52 ribu per 5 kg, kemudian gula pasir dijual dengan harga Rp12 ribu/kg, minyak goreng Rp12 ribu/kg, dan cabai merah Rp60 ribu/kg. 

"Operasi pasar, yang dijual empat produk ya dan harganya di bawah HET. Misal beras SPHP itu kan kalau sesuai HET per 5 kg itu Rp54 ribu, di sini dijual Rp51 ribu. Jadi ini disubsidi oleh Pemprov Lampung," kata Pengawas Perdagangan Disperindag Lampung, Rudy Sy, usai operasi pasar.

Dia menyatakan, operasi pasar ini merupakan arahan dari Gubernur Lampung yang bertujuan untuk mengantisipasi adanya inflasi di akhir tahun hari besar natal dan tahun baru.

"Iya ini atas arahan Bapak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Jadi ini sebagai bentuk perhatian pemprov dengan adanya inflasi di Lampung ini. Jadi, kami antisipasi mulai operasi pasar disubsidi," ujarnya lagi.

Kepala Disdag Metro Elmanani mengatakan masyarakat sangat antusias membeli bahan pokok di pasar murah ini. Bahkan dalam waktu dua jam operasi pasar ini sudah habis terjual.

Menurutnya, kegiatan pasar murah ini untuk membantu masyarakat agar dapat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif murah.

"Harapannya, kegiatan pasar murah ini dapat mengurangi inflasi. Apalagi Metro ini menjadi perhatian pemprov," katanya pula.

Elmanani menambahkan, Pemkot Metro juga akan melaksanakan kegiatan yang sama agar masyarakat setempat bisa mendapatkan bahan pokok dengan harga yang murah. 

"Iya tunggu saja nanti, tidak usah nunggu tahun baru. Dekat-dekat natal dan tahun baru nanti kami akan laksanakan penetrasi pasar," ujarnya pula.
Baca juga: Gelar pasar murah, Pj Bupati Tubaba serahkan paket beras kepada masyarakat
Baca juga: Dinas Perdagangan Bandarlampung gelar pasar murah pada Oktober