DPR proses surpres penunjukan Kasad calon Panglima TNI

id DPR ,Lodewijk F. Paulus,Kasad,Panglima TNI

DPR proses surpres penunjukan Kasad calon Panglima TNI

Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10/2023). ANTARA/Melalusa Susthira K

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus menjelaskan bahwa DPR akan segera memroses surat presiden (surpres) tentang penunjukan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

Dia mengatakan pihaknya akan segera menggelar rapat pimpinan DPR untuk menindaklanjuti surpres usulan calon Panglima TNI tersebut, kemudian dilanjutkan pembahasan pada Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

"Ya, tentunya setelah DPR menerima seperti yang disampaikan oleh Ibu Ketua DPR tadi ada proses yang harus kita lewati. Artinya setelah itu kita akan rapat pimpinan, kemudian dilanjutkan rapat Bamus," kata Lodewijk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Jenderal Agus Subiyanto diusulkan sebagai calon Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan pensiun pada 26 November 2023.

Jenderal Agus Subiyanto sendiri baru saja dilantik sebagai Kasad yang baru pada Rabu (25/10). Ia dipilih sebagai Kasad untuk menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang purnabakti pada 19 November 2023.