Disdikbud Kota Metro jamin PPDB SMP tak ada kecurangan

id Ppdb

Disdikbud Kota Metro jamin PPDB SMP tak ada kecurangan

Kabid Dikdas Disdikbud Metro Fezal Aferizal saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (6/7/2023). ANTARA/Hendra Kurniawan

Tentu kami akan berikan sanksi sesuai aturan yang berlaku, tegas kami jika ditemukan panitia PPDB melakukan kecurangan.
Metro (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro, Lampung menjamin tidak akan ada kecurangan dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) sekolah menengah pertama (SMP) di Bumi Sai Wawai ini.

Kepala Disdikbud Metro Suwandi diwakili Kabid Dikdas Fezal Aferizal mengatakan, tahapan PPDB SMP di Kota Metro sudah dimulai sejak tanggal 3 Juli dan akan ditutup pada tanggal 20 Juli 2023 mendatang.

"Iya untuk PPDB SMP sedang berjalan. Dan pendaftaran menggunakan sistem online, melalui aplikasi," kata dia, saat dikonfirmasi, di Metro, Kamis.

Dia menjelaskan, selain menggunakan aplikasi, proses PPDB SMP saat ini berjalan secara transparan. Karenanya, akan sulit dilakukan kecurangan.

"Jadi sudah memakai aplikasi ya. Dan saya pastikan akan sulit untuk melakukan kecurangan dalam PPDB ini. Semua sudah by sistem dan sesuai dengan juklak dan juknisnya," katanya pula.

Kalau pun ditemukan kecurangan, ujar dia lagi, Disdikbud Metro akan memberikan sanksi tegas kepada panitia PPDB yang melakukannya.

"Tentu kami akan berikan sanksi sesuai aturan yang berlaku, tegas kami jika ditemukan panitia PPDB yang melakukan kecurangan," ujarnya lagi.

Fezal mengimbau kepada orangtua untuk tidak membeda-bedakan SMP unggulan maupun non unggulan. Sebab, semua sekolah di Kota Metro memiliki kualitas yang sama.

"Iya semua sekolah di Metro itu kualitasnya sama bagusnya. Jadi jangan beda-bedakan, karena semua SMP kita ini sangat bagus," katanya pula.
Baca juga: Beberapa warga Bandarlampung mengaku kesulitan daftar PPDB via daring
Baca juga: Masih ada SMA di Lampung laksanakan PPDB secara offline