Anggota jamaah haji asal Lampung wafat di Tanah Suci bertambah jadi 12 orang

id Lampung,Jamaah Haji,Haji,Kemenag Lampung,Jamaah haji asal Lampung wafat di Tanah Suci,Jamaah haji wafat di Tanah Suci be

Anggota jamaah haji asal Lampung wafat di Tanah Suci bertambah jadi 12 orang

Arisp foto- Jamaah haji asal Lampung di Asrama Haji Rajabasa, Bandarlampung. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Jamaah haji asal Provinsi Lampung yang wafat di Tanah Suci, Arab Saudi bertambah menjadi 12 orang usai terdapat satu orang yang meninggal dunia pada Senin (3/8) pukul 23.05 WAS.

"Ya, ada satu jamaah haji lagi yang meninggal dunia asal Lampung Barat, dari kelompok terbang (kloter) JKG 47," kata Koordinator Humas PPIH Debarkasi Antara Provinsi Lampung Alifah, dihubungi di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan bahwa informasi yang didapatkannya bahwa jamaah haji yang wafat kemarin merupakan seorang wanita bernama Akimah binti Semadim Seraan yang berumur 90 tahun.

"Meninggal di RS King Abdul Aziz, Arab Saudi dikarenakan emboli paru," kata dia.

Ia mengungkapkan bahwa sebenarnya almarhum merupakan warga Pamasalak Kecamatan Jarai, Sumatera Selatan, namun ikut berangkat ibadah haji dari Lampung Barat, Lampung.

"Yang bersangkutan ikut ibadah haji dengan anak dan menantunya dari Lampung Barat," kata dia.

Pada sisi lain, Alifah, mengungkapkan bahwa jamaah haji Provinsi Lampung dijadwalkan tiba di Asrama Haji Bandarlampung mulai besok, Rabu, (5/7) pukul 11.10 WIB dan akan berlangsung hingga tanggal 3 Agustus 2023.

",Adapun jemaah yang pertama tiba yaitu Kloter 2 dari Kabupaten Lampung Utara. Para jemaah yang berjumlah 385 ini diberangkatkan dari Bandara Jeddah Arab Saudi pada hari ini pukul 13.55 WAS. Insyaallah jemaah tiba di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta besok pukul 04.45 WIB dan tiba di Bandara Raden Intan II Lampung pada pukul 08.45 WIB,” katanya.

Ia pun menghimbau bagi keluarga agar dapat menjemput pada jamaah haji di daerahnya masing-masing, terkecuali bagi jamaah yang berasal dari Kota Bandarlampung dapat langsung dijemput di Islamic Centre Rajabasa.

"Hal ini dilakukan agar penjemputan dan proses pemulangan para jemaah dapat berlangsung dengan tertib, Insyaallah seluruh PPIH siap menyambut dan melayani proses kepulangan jemaah haji asal Provinsi Lampung, mudah-mudahan seluruh proses pemulangan nanti dapat berjalan lancar dan tanpa ada kendala," kata dia.

Adapun 11 jemaah haji lainnya yang meninggal dunia masing-masing dari Kota Bandarlampung tiga orang, Kabupaten Lampung Tengah tiga orang, Lampung Utara satu orang, Lampung Timur dua orang, kemudian, satu orang jamaah haji dari Kabupaten Pesisir Barat dan satu orang dari Waykanan.

Sementara itu kuota haji untuk Provinsi Lampung pada 1444 Hijriah atau 2023 Masehi berjumlah 7.153 orang.