Dompet Dhuafa Kepulauan Riau membuat program ATM Beras

id Atam Beras Dompet Dhuafa, Kepri, Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Kepulauan Riau membuat program ATM Beras

Dompet Dhuafa Kepulauan Riau membuat program ATM Beras. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Batam (ANTARA) - ATM Beras Dompet Dhuafa menjadi solusi bagi masyarakat ekonomi rendah di masa pandemi. Masa pandemi Covid-19 menjadi masa yang begitu sulit bagi semua orang. Terlebih bagi yang secara ekonomi di bawah garis kemiskinan. Sebagaimana juga yang terjadi pada skala nasional, masyarakat di Kepulauan Riau pun semakin banyak yang kesulitan ekonomi.

Guna berupaya untuk terus memberikan bantuan kepada masyarakat miskin, Dompet Dhuafa Kepulauan Riau dan Dompet Duafa USA (Amerika Serikat) membuat program ATM Beras Dompet Dhuafa. Program ini telah berjalan sejak Juli 2022 di kawasan Masjid Al-Muhajirin Sekupang, Kota Batam.

Manager Program Dompet Dhuafa Kepri Muhammad Izzuddin Al Hafidz mengatakan, program ATM Beras ini diperuntukkan khusus bagi masyarakat kurang mampu. Hingga saat ini, sudah ada sebanyak 65 keluarga yang menerima manfaat program ini. Setiap keluarga memperoleh jatah 5 kilogram beras setiap bulannya.

“Mereka memiliki kartu seperti kartu ATM pada umumnya. Setiap bulan mereka hanya bisa gesek kartu satu kali sebanyak 5 kilogram,” jelas Hafidz.

Ia menambahkan, program ATM Beras Dompet Dhuafa ini akan terus ditingkatkan agar menjangkau masyarakat serta penerima manfaat yang lebih luas lagi. ATM Beras ini juga menjadi alat yang efektif untuk melakukan penyaluran Tebar Zakat Fitrah (TZF) oleh Dompet Dhuafa.

Salah satu penerima manfaat, Halimatun Sakdiah (70), mengucapkan banyak terima kasih kepada donatur Dompet Dhuafa atas kebaikan yang diberikan. Ia merasa sangat terbantu dengan beras yang diterimanya setiap bulan. Setidaknya, katanya, nasi atau beras akan selalu ada untuk makan anak-anaknya.

“Terima kasih Dompet Dhuafa dan donatur. Kami senang menerima beras ini,” ucap janda 3 anak tersebut kepada Dompet Dhuafa saat mengambil beras pada Jumat (19/5/2023).

Hafidz menjelaskan, prosedur pengambilan manfaat beras, yakni setiap keluarga penerima manfaat memegang satu kartu ATM Beras Dompet Dhuafa. Salah satu anggota datang ke tempat mesin ATM (boleh diwakilkan) untuk bertemu dengan penjaga ATM yang bertugas. Setelah itu akan dibantu oleh petugas untuk melakukan penggesekan kartu pada mesin ATM hingga beras keluar dan dikemas dalam kantong atau tas. Beras langsung dapat dibawa pulang. 



TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.