Dapur Keliling Dompet Dhuafa gulirkan makanan bagi penyintas kebakaran Depo Pertamina

id Depo Pertamina, Dompet Dhuafa, Pertamina kebakaran

Dapur Keliling Dompet Dhuafa gulirkan makanan bagi penyintas kebakaran Depo Pertamina

Dapur Keliling Dompet Dhuafa  gulirkan  makanan bagi penyintas kebakaran Depo milik PT Pertamina. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Jakarta (ANTARA) - Peristiwa kebakaran  terjadi di Depo milik PT Pertamina (Persero) di Plumpang, Jakarta Utara, Jumat  pukul 20.11 WIB. Sumber api diketahui berasal dari pipa bensin di kompleks tersebut. Diketahui terjadi beberapa kali ledakan dan api melahap pemukiman warga sekitar.

Saat itu hujan mengguyur wilayah Jakarta. Namun tidak lama disusul dengan aroma bensin dan gas yang menyengat. Kemudian ledakan pertama mengagetkan dan mendorong kepanikan warga sekitar.

Berbondong-bondong warga berlarian keluar rumah bersama anggota keluarganya. Disusul dengan teriakan histeris dan deru tangis. Tidak lama ledakan kedua muncul. Suara ledakan kedua jauh lebih besar ketimbang yang pertama. 

Lalu muncul ledakan ketiga yang dilengkapi dengan asap lebat menutup langit malam yang sedari awal sudah gelap. Beberapa warga muntah akibat bau bensin yang menyengat tersebut.

Informasi terakhir yang diterima, korban jiwa sebanyak 17 orang (15 dewasa dan 2 anak-anak) dan korban luka-luka sebanyak 50 orang (49 dewasa dan 1 anak). Sementara itu, sebanyak 1.085 orang mengungsi ke berbagai lokasi dan posko yang disediakan oleh pemerintah

Dompet Dhuafa melalui Disaster Management Center (DMC), Respons Darurat Kesehatan (RDK) Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) dan Dapur Keliling (Darling) serta Badan Pemulasaran Jenazah (Barzah) Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) menghadirkan layanan bantuan penanganan warga terdampak.

“Setelah selesai melakukan pendingan oleh tim pemadan kebakaran, tim DMC Dompet Dhuafa melakukan koordinasi bersama Basarnas untuk melakukan penyisiran ke beberapa titik yang dicurigai. Setelah selesai melakukan penyisiran, titik-titik tersebut dinyatakan CLEAR,” terang Ahmad Yamin selaku Koordinator DMC Dompet Dhuafa melapor dari lokasi kejadian.


DMC Dompet Dhuafa menuturkan belasungkawa dan turut berduka atas warga yang terdampak akibat peristiwa kebakaran ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan ketangguhan untuk kembali menyongsong masa depan selepas kejadian ini. Semoga juga korban yang meninggal dalam keadaan husnul khotimah, Amin.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.