Dua unit bangunan di Padang ludes dilalap si jago merah

id Damkar,Padang,Sumbar

Dua unit bangunan di Padang ludes dilalap si jago merah

Petugas Damkar Kota Padang memadamkan api yang membakar dua unit bangunan di Padang. ANTARA/HO-Damkar Padang

Padang (ANTARA) - Dua unit bangunan di Jalan Dr Wahidin Kecamatan Padang Timur Kota Padang, Sumatera Barat mengalami rusak berat akibat dilalap si jago merah pada Minggu siang.

Kabid Operasi Sarana dan Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Sutan Hendra di Padang, Minggu mengatakan ada empat bangunan yang terdampak sementara 30 jiwa dalam tujuh kepala keluarga mengungsi sementara dari bangunan yang terdampak.

"Selain bangunan, satu unit sepeda motor dan enam unit sepeda milik korban ikut terbakar," katanya.

Ia menceritakan laporan kebakaran masuk ke kantor pemadam sekitar 12.40 WIB lalu personel sampai di lokasi pada 12.46 WIB.

Dinas Damkar Kota Padang mengerahkan tujuh unit kendaraan pemadam kebakaran dan dalam pemadaman dibantu pihak kepolisian, TNI, Satpol PP, PMI dan PLN.

"Alhamdulillah dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa dan kami melakukan penanganan tidak sampai satu jam yakni dari 12.46 WIB hingga 13.30 WIB," katanya.

Dari informasi yang didapatkan dari saksi, mereka melihat api yang sudah membesar dan membakar rumah, lalu saksi melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang.

"Dua unit bangunan itu terletak di kawasan pemukiman penduduk yang padat dan akses ke lokasi juga sempit sehingga menyulitkan mobil pemadam masuk ke lokasi," kata dia.

Dirinya mengimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap segala potensi yang dapat memicu terjadinya kebakaran terutama saat cuaca panas terik seperti saat ini.

"Mulai dari memeriksa instalasi listrik di rumah dan mengganti agar tetap aman digunakan dalam jangka waktu yang panjang serta tidak membakar sembarangan," kata dia.