Reuters dan New York Time raih Pulitzers

id Pulitzer,Reuters,New York Times

Reuters dan New York Time raih Pulitzers

Ilustrasi bentuk Penghargaan Pulitzer. Pertama kali dianugerahkan pada 4 Juni 1917, atas dana hibah penerbit Joseph Pulitzer, seorang Amerika Serikat imigran dari Hungaria. (www.jewishcurrent.com) (www.jewishcurrent.com/)

New York (ANTARA) - Reuters dan Minneapolis Star Tribune masing-masing memenangi Hadiah Pulitzer pada Jumat (11/6) untuk jurnalisme tentang ketidakadilan rasial dalam kepolisian AS, sementara New York Times dan Atlantik dihormati karena mencatat pandemi COVID-19, dua topik yang mendominasi berita utama tahun lalu.

The Star Tribune memenangi Hadiah Pulitzer 2021 karena pelaporan berita terkini untuk apa yang disebut dewan juri sebagai liputan "mendesak, berwibawa dan bernuansa" tentang pembunuhan George Floyd di tangan polisi Mei lalu, sementara Reuters dan Atlantik berbagi penghargaan untuk pelaporan penjelasan.

Hadiah Pulitzer adalah penghargaan paling bergengsi dalam jurnalisme Amerika dan telah diberikan sejak 1917, ketika penerbit surat kabar Joseph Pulitzer mencanangkan hadiah itu sebagai warisan untuk New Universitas Columbia York atas wasiatnya.

Pada 2020, "organisasi berita di negara ini menghadapi kompleksitas secara berurutan meliput pandemi global, pandangan rasial, dan pemilihan presiden yang diperebutkan dengan sengit," Mindy Marques, ketua bersama Dewan Pulitzer, mengatakan pada upacara pengumuman, yang disiarkan online.

Dewan menyebut wartawan Reuters Andrew Chung, Lawrence Hurley, Andrea Januta, Jaimi Dowdell dan Jackie Botts untuk "analisis data perintis" dari serangkaian liputan bertajuk 'Shielded' , yang menunjukkan bagaimana doktrin hukum yang tidak jelas tentang 'kekebalan yang memenuhi syarat' melindungi polisi yang menggunakan kekuatan berlebihan dari penuntutan.

Pemimpin Redaksi Reuters Alessandra Galloni mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serial liputan tersebut membentuk perdebatan tentang bagaimana mereformasi kepolisian Amerika.

"Dalam satu tahun protes yang penuh gejolak atas pembunuhan polisi terhadap warga kulit hitam Amerika, 'Shielded' adalah karya dengan kekuatan moral yang luar biasa tentang masalah sulit yang dihadapi demokrasi paling kuat di dunia, warisan ketidakadilan rasial," kata pernyataannya.

Hadiah Pulitzer untuk Reuters, sebuah unit dari Thomson Reuters, adalah yang kesembilan sejak 2008, dan keenam dalam empat tahun terakhir.

Tim Reuters berbagi penghargaan pelaporan penjelasan dengan Ed Yong dari The Atlantic, yang dipuji oleh dewan untuk "serangkaian karya tulis yang jelas dan pasti tentang pandemi COVID-19."

Satu kasus

Serangkaian berita kepolisian Reuters dipicu oleh satu kasus - dan membutuhkan analisis data yang panjang dan kompleks untuk diselesaikan.

Pada April 2017, Mahkamah Agung AS menolak untuk menghidupkan kembali gugatan tersangka yang tidak bersenjata yang menuduh seorang perwira Houston dengan kekuatan berlebihan yang tidak konstitusional karena menembaknya dari belakang.

Wartawan Mahkamah Agung Reuters Chung dan Hurley bekerja sama dengan wartawan data Januta, Dowdell dan Botts. Mereka menganalisis ratusan kasus dan menemukan bahwa sejak 2005, pengadilan telah menunjukkan kecenderungan yang meningkat untuk memberikan kekebalan dalam kasus-kasus penggunaan kekuatan yang berlebihan. Mereka kemudian mencatat secara rinci kasus sejumlah korban kekerasan polisi yang telah ditolak keadilannya bahkan setelah pengadilan menemukan bahwa petugas telah bertindak terlalu keras.

Berita Reuters pertama diterbitkan hanya beberapa pekan sebelum pembunuhan Floyd, seorang pria kulit hitam berusia 46 tahun yang meninggal dengan tangan diborgol ketika seorang perwira polisi kulit putih Minneapolis berlutut di lehernya. Pelaporan itu memiliki dampak luas pada percakapan nasional tentang masalah kepolisian AS.

"Data yang kami dapatkan dikutip di hampir setiap organisasi berita besar segera setelah pembunuhan George Floyd," kata Hurley, menambahkan itu juga telah dikutip dalam pengajuan pengadilan dan secara informal oleh hakim.

Penghargaan khusus

Banyak Hadiah Pulitzer 2021 dianugerahkan untuk liputan kepolisian dan gerakan protes global yang meletus setelah pembunuhan Floyd: Associated Press memenangkan penghargaan fotografi berita terbaru untuk gambar-gambar protesnya, sementara Robert Greene dari Los Angeles Times menang untuk penulisan editorial untuk karyanya tentang reformasi jaminan dan penjara.

Dewan juga mengatakan memberikan "penghargaan khusus" kepada Darnella Frazier, remaja yang merekam video pembunuhan Floyd di ponselnya, yang katanya menyoroti "peran penting warga negara dalam perburuan kebenaran dan keadilan lewat jurnalisme."

The New York Times memenangkan penghargaan jurnalisme layanan publik, yang sering dianggap sebagai penghargaan yang paling didambakan dari 22 penghargaan, karena "liputannya yang cerdas dan menyeluruh tentang pandemi virus corona." The Boston Globe menang untuk pelaporan investigasi karena mengungkap kegagalan sistematis oleh pemerintah negara bagian untuk berbagi informasi tentang pengemudi truk berbahaya yang bisa membuat mereka keluar dari jalan.

Pengumuman hadiah pada Jumat, yang masing-masing paling tinggi bernilai $15.000, telah ditunda sejak April di tengah pandemi. Makan siang penghargaan di Universitas Columbia, yang biasanya berlangsung segera setelah pengumuman penghargaan, telah ditunda hingga musim gugur.

Dewan Pulitzer juga mengakui pencapaian dalam tujuh kategori dalam seni, dan memberikan hadiah fiksinya kepada Louise Erdrich untuk novelnya "The Night Watchman" tentang upaya menggusur suku asli Amerika pada 1950-an.

Sumber: Reuters