Pertamina edukasi konsumen tentang BBM ramah lingkungan

id pertamina, bbm, program langit biru, kota bandarlampung

Pertamina edukasi konsumen tentang BBM ramah lingkungan

Pertamina edukasi penggunaan BBM ramah lingkungan di SPBU Bandarlampung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II melakukan sosialisasi dan edukasi kepada konsumen terkait Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas dan ramah lingkungan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Bandarlampung.

"Jelang pelaksanaan Program Langit Biru (PLB) di Kota Bandar Lampung yang rencananya dimulai 14 Maret 2021, kami terus melakukan sosialisasi dan edukasi terkait BBM ramah lingkungan," kata Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan, dalam keterangannya di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan di era digitalisasi dan teknologi modern seperti saat ini, selain upaya mengembangkan teknologi terbarukan, Pertamina terus berupaya untuk meningkatkan standarisasi dan spesifikasi Bahan Bakar Minyak (BBM) agar sesuai dengan mesin kendaraan terkini.

Menurutnya, secara bertahap terus menyiapkan BBM sesuai kualifikasi yang ditetapkan dan diakui dunia, pembakaran yang sempurna, agar kondisi udara semakin sehat.

Pertamina juga terus mengedukasi masyarakat agar memilih BBM sesuai spesifikasi kendaraan, direkomendasi pabrikan dan ramah lingkungan.

"Saat ini Pertamina memiliki BBM Pertamax Series (Pertamax, Pertamina Dex, Pertamax Turbo, Dexlite) yang sesuai dengan kendaraan BBM berstandar Euro 4 berdasarkan Peraturan KLHK Nomor P.20 Tahun 2017, bensin dengan Research Octane Number (RON) diatas 91 dengan kadar sulfur maksimal 50 ppm," tambah Umar.

Agung,  Kepala mekanik sebuah bengkel di Bandarlampung mengatakan, kendaraan sekarang minimal sudah harus menggunakan BBM jenis Pertamax.

Premium, lanjutnya, mengandung banyak timbal, tenaga kendaraan kurang, pembakaran tidak sempurna dan menyebabkan katalis kotor. Saat ini pabrikan kendaraan juga menganjurkan minimal menggunakan Pertamax.

"Orang-orang hanya memikirkan murahnya saja dan tidak memikirkan efek jangka panjang. Dengan Pertamax pembakaran lebih sempurna, tenaga joss dan yang jelas lebih irit," tambah Agung

Budiman, karyawan swasta pengguna Pertamax Turbo yang ditemui saat sosialisasi menuturkan sejak dua bulan yang lalu mengisi Pertamax Turbo.

" Saya menggunakan Pertamax Turbo karena sangat ramah lingkungan, dengan RON 98 yang dimiliki, mesin kendaraan saya lebih bertenaga, akselerasi mesin lebih lincah, bebas polusi, dan menjadi lebih awet," ujarnya.

Budiman juga mengajak konsumen yang lain untuk menggunakan Pertamax Turbo agar dapat merasakan perubahan pada kendaraan, mengajak masyarakat untuk melestarikan lingkungan dengan berkendara menggunakan BBM yang bebas polusi.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi ini akan rutin dilaksanakan baik sebelum maupun setelah pelaksanaan Program Langit Biru ini.