Bupati Lampung Tengah lakukan penyemprotan rumah ibadah

id loekman djoyosoemarto, bupati lampung tengah,masjid istiqlal bandarjaya,covid-19

Bupati Lampung Tengah lakukan penyemprotan rumah ibadah

Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto sedang menyemprot cairan disinfektan di bagian dalam Masjid Istiqlal Bandarjaya dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19, Senin (16/3/2020). (Foto : Antaralampung.com/Pemkab Lampung Tengah/Dok)

Aksi penyemprotan cairan disinfektan ini juga akan diupayakan di sarana umum lainnya seperti pasar, kantor kantor pelayanan umum, sekolah, dan sarana umum lainnya, kata Loekman 

Lampung Tengah (ANTARA) - Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto, Senin, melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah ibadah dan sarana umum di kawasan Bandarjaya sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19

Sasaran pertama penyemprotan disinfektan oleh Bupati adalah Masjid Agung Istiqlal Bandar Jaya, dilanjutkan ke Gereja Kristen Sumatra Bagian Selatan ( GKSBS) Bandarjaya.

Selain Bupati, penyemprotan dengan cairan disinfektan itu juga dilakukan Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah Otnil Sriwidiatmoko dan petugas lain yang ikut membantu.

Di sela melakukan penyemprotan, Loekman minta kepada warga masyarakat agar mejaga kebersihan lingkungan untuk menghindari penyebaran COVID-19 di area masjid.

Baca juga: Bupati Pesisir Barat ajak masyarakat menjaga pola hidup bersih

"Aksi penyemprotan cairan disinfektan ini juga akan diupayakan di sarana umum lainnya seperti pasar, kantor kantor pelayanan umum, sekolah, dan sarana umum lainnya," kata Loekman dalam siaran pers Diskominfo Lampung Tengah.

Mengantisipasi merebaknya COVID-19 di Indonesia  Pemkab Lampung Tengah telah berupaya semaksimal mungkin dengan melakukan sosilaisasi melalui beberapa media seperti radio, media massa, televisi, spanduk dan imbauan lainnya hingga menerbitkan surat edaran tentang peningkatan kewaspadaan resiko penularan virus corona.

Bupati minta kepada warga masyarakat untuk selalu menjaga perilaku hidup sehat, perbanyak makan vitamin sehingga daya tahan tubuh lebih kuat, jangan mengunjungi tempat-tempat keramaian, dan tidak mengadakan kegiatan yang melibatkan orang banyak untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Baca juga: Gubenur Lampung pindai suhu saat tinjau pelaksanaan UNBK

Selain itu, sesering mungkin melakukan cuci tangan dengan sabun, dan yang paling penting jangan panik, hadapi ujian dari Allah SWT ini dengan selalu mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Ia menjelaskan, kegiatan penyemprotan disinfektan ini adalah upaya pemerintah dalam menekan penyebaran virus corona. Kegiatan awal menyasar di rumah-rumah ibadah .objek-objek wisata dan penyemprotan cairan disinfektan ini akan dilakukan secara rutin, ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah Otnil Sriwidiatmoko menjelaskan, pencegahan dan pembersihan melalui penyemprotan cariran disinfektan  ini sebagai salah satu langkah antisipasi potensi penyebaran COVID-19, hal ini dilakukan agar masyarakat dapat terhindar dari virus corona yang penyebarannya diketahui melalui kontak badan atau bersentuhan langsung dengan orang yang sedang terjangkit virus tersebut.

Baca juga: Pemkab Lampung Timur sosialisasikan pola hidup bersih cegah Corona

Untuk itu, ia mengimbau warga yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu atau selesma (gangguan pernapasan) agar melaksanakan shalat di rumah hingga sembuh, dan untuk sementara tidak melaksanakan shalat di masjid atau mushala begitu pula umat dil uar agama Islam, agar melakukan ibadah di rumah masing masing.

Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar