Loekman dorong Unila dan Polinela buka kampus di Lampung Tengah

id loekman djoyosoemarto,polinela,buka kampus,lampung tengah

Loekman dorong Unila dan Polinela buka kampus di Lampung Tengah

Dokumentasi- Loekman Djoyosoemarto

Para mahasiswa itu mengambil sejumlah jurusan atau bidang studi sesuai dengan kebutuhan daerah. Setelah lulus diharapkan bisa membangun Lampung Tengah, katanya

Gunung Sugih (ANTARA) - Calon Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menyatakan jika dipercaya masyarakat dan terpilih menjadi bupati, salah satu programnya di bidang pendidikan yakni akan meminta Universitas Lampung (Unila) dan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) untuk membuka kampus di daerahnya.

“Saya akan minta Unila dan Polinela untuk membuka kampus di Lampung Tengah, agar warga yang kurang mampu bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Loekman saat ditanya di Gunung Sugih, Jumat.

Ia menjelaskan, saat ini masih ada sebagian warga Lampung Tengah tidak bisa melanjutkan kuliah karena tingginya biaya jika harus kuliah di perguruan tinggi yang sebagian besar berada di Kota Bandarlampung sebagai ibu kota Provinsi Lampung.

Baca juga: Bupati Lampung Tengah minta Linmas ikut awasi pilkada 9 Desember

Orang tua calon mahasiswa itu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menyekolahkan anaknya di Bandarlampung, antara lain biaya sewa rumah, transportasi dan biaya hidup sehari-hari.

Oleh karena itu, kata Loekman, salah satu solusi untuk meringankan beban warga sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di Lampung Tengah adalah dengan membuka kampus di Lampung Tengah, khususnya perguruan tinggi negeri seperti Unila dan Polinela.

Menurut dia, dengan adanya kampus Unila dan Polinela tersebut juga diharapkan tidak hanya membantu warga Lampung Tengah tapi juga warga kabupaten tetangga seperti Lampung Utara, Tulang Bawang Barat dan Tulang Bawang.

“Keberadaan dua perguruan tinggi ini juga akan ikut mendorong roda perekonomian Lampung Tengah yang diharapkan berdampak pada kesejahteraan masyarakat setempat, kata Loekman yang juga calon petahana itu.

Baca juga: Bupati Loekman bagikan e-KTP kepada warga Bangun Rejo

Loekman Djoyosoemarto yang berpasangan dengan M. Ilyas Hayani Muda itu mengatakan, dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia di daerahnya, di era kepemimpinannya sebagai Bupati Lampung Tengah, pihaknya pada tahun 2020 ini telah mengirimkan tujuh orang siswa terbaik untuk melanjutkan kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

“Para mahasiswa itu mengambil sejumlah jurusan atau bidang studi sesuai dengan kebutuhan daerah. Setelah lulus diharapkan bisa membangun Lampung Tengah,” katanya.

Biaya kuliah ketujuh mahasiswa itu ditanggung oleh APBD Lampung Tengah, sementara biaya hidup ditanggung oleh masing-masing orang tua.

Baca juga: Bupati Loekman ajak masyarakat sukseskan Pilkada 9 Desember 2020

Pengiriman siswa terbaik untuk melanjutkan kuliah di UGM merupakan tindak lanjut Nota Kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani antara Pemkab Lampung Tengah dengan UGM.

Pilkada Lampung Tengah diikuti oleh tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, yaitu Loekman Djoyosoemarto-M. Ilyas Hayani Muda (nomor urut 1), Musa Ahmad-Ardito Wijaya (nomor urut 2) dan Nessy Kalviya-Imam Suhadi (nomor urut 3).