Bupati Lampung Tengah minta Linmas ikut awasi pilkada 9 Desember

id lampung,lampung tengah,Loekman djoyosoemarto, pilkada serentak, linmas

Bupati Lampung Tengah minta Linmas ikut awasi pilkada 9 Desember

Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto  meminta pelindung masyarakat (Linmas) ikut  membantu  dan mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Linmas adalah pelindung masyarakat yang berorientasi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Jadi Linmas juga harus ikut mengawasi pelaksanaan pilkada,” kata Loekman Djoyosoemarto, di Lampung Tengah, Kamis.

Dia mengatakan, pada tanggal 9 Desember 2020, Kabupaten Lampung Tengah akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu pemilihan bupati dan wakil bupati untuk lima tahun ke depan.

Sudah menjadi kewajiban bersama bahwa pelaksanaan pilkada harus diawasi supaya tidak ada penyimpangan, katanya.

Selain bertugas sebagai pelindung masyarakat, tambah Loekman, Linmas  juga harus mampu dalam  penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi, melaksanakan kegiatan sosial dan membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Loekman menjelaskan, dalam melaksanakan kegiatannya, Linmas memiliki beberapa fungsi, diantaranya membantu membina masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum, meningkatkan daya tahan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.

Ditambahkanya, Satuan Linmas selalu aktif membantu pemerintah desa dan aparat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

 

Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar