Kementan tunjuk Metro dijadikan percontohan pengembangbiakan sapi jenis baru

id Lampung,Metro,KementanRI,Sapi,Belgianblue,DKP3Metro,Pengembangbiakansapi,PTSUJ

Kementan tunjuk Metro dijadikan percontohan pengembangbiakan sapi jenis baru

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Sugiono, didampingi Kepala DKP3 Heri Wiratno meninjau lokasi penggemukan sapi di PT SUJ. (Antaralampung.com/Ist)

Metro (ANTARA) - Kota Metro, Provinsi Lampung akan menjadi percontohan untuk pengembangbiakan sapi jenis baru yakni jenis Belgian Blue dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

"Kita sudah cek lokasi yang direncakan menjadi contoh pengembangbiakan sapi jenis baru dari Kementerian Pertanian RI," kata Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Sugiono, Sabtu petang. 

Menurutnya, Kementan RI akan memberikan dua ekor bibit sapi Belgian Blue yang akan ditempatkan di PT Superindo Jaya Utama (SJU) Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara. 

Dikatakanya, Kota Metro dilirik sebagai percontohan pengembangbiakan sapi tersebut karena memiliki potensi sebagai penghasil daging sapi.

"Targetnya ke depan tak hanya menjadi penyuplai sapi ke tingkat nasional tetapi mampu memenuhi pasokan daging sapi ekspor," ucapnya. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro Heri Wiratno mengaku sangat mendukung program tersebut dan akan melakukan pengawasan secara berkala baik kondisi pertumbuhan hingga dari pengecekan kesehatan.

"Pasti kita dukung program pemerintah dan Kota Metro siap menjalankan program ini. Apalagi program ini salah satu program pemerintah untuk mewujudkan Lampung sebagi lumbung daging sapi," tambahnya.